Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Mendung, Susi Mendarat di Talaud dengan Susi Air

Kompas.com - 06/05/2015, 17:26 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


TALAUD, KOMPAS.com
- Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiasusti tiba dengan pesawat Susi Air di Melonguane, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, Rabu (6/5/2015), dalam kondisi cuaca yang sangat mendung. 

Pesawat yang didominasi warna putih dengan nomor penerbangan PK-BVX dan bertuliskan Susi VIP itu menyentuh landasan pacu tepat pukul 17.19 Wita. Sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Melonguane membuat panitia penjemputan sempat khawatir.

Kedatangan Susi ke kabupaten paling utara Indonesia itu dalam rangka menghadiri upacara adat Manee yang akan digelar di Pulau Intata yang merupakan salah satu pulau terluar di Sulawesi Utara, Kamis (7/5/2015).

Kedatangan Susi disambut dengan tarian adat penyambutan tamu Sasaroho yang dibawakan oleh para siswa. Tampak pula Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip dan jajaran pemerintahan Kabupaten Talaud menyambut kedatangan Susi.

Kapolres Talaud AKBP Reinhold Umnehopa mengatakan bahwa jajaran kepolisian di Polres Talaud menyiapkan sejumlah personel untuk mengamankan kunjungan Susi selama di Talaud.

"Ini sudah merupakan tugas kami dalam pengamanan tamu penting," ujar Reinhold.

Susi akan bermalam di Pendopo Bupati Talaud, sebelum bertolak ke pulau Intata pada Kamis subuh untuk bersama-sama dengan masyarakat di sana mengikuti ritual Manee.

Upacara adat Manee merupakan salah satu kearifan orang Nusa Utara saat menangkap ikan yang masih menggunakan peralatan dan pengetahuan tradisional. Sebagai bagian dari kegiatan wisata, lazimnya Manee digelar setahun sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com