Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GKR Pembayun Jadi Putri Mahkota? Ini Komentar Sultan HB X

Kompas.com - 06/05/2015, 11:49 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Serangkaian sabda tama dan sabda raja yang dikeluarkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Raja Keraton Yogyakarta menimbulkan pro dan kontra di kalangan keluarga.

Terkait adanya pro dan kontra itu, Sri Sultan pun berencana memanggil semua kerabat keraton pada minggu depan. "Minggu depan, saya akan panggil semua," ujar Sultan, Rabu (6/5/2015).

Mengenai munculnya berbagai pendapat pro ataupun kontra sejak keluarnya sabda tama dan sabda raja, Sultan mengaku akan membiarkan hal itu terlebih dulu. Sebab, Sultan selanjutnya akan memanggil semua pihak terkait. "Biar saja sekarang yang enggak setuju 'berkoar' dulu," kata Sultan.

Menurut Sultan, saat ini surat soal perubahan nama Sultan yang akan ditujukan ke Kemendagri sedang dibuat. Sesegera mungkin, surat berisi salah satu poin sabda raja itu akan dikirimkan.

Sultan juga mengutarakan bahwa ia akan mengadakan jumpa pers. Kesempatan itu akan dimanfaatkan untuk menjelaskan sabda raja. "Surat sedang saya buat. Untuk media, nanti saya akan adakan konferensi pers," kata Sultan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sultan pada Selasa kemarin mengeluarkan sabda raja di Siti Hinggil, Keraton Yogyakarta. Ada satu poin di dalam sabda raja yang kabarnya mengenai penggantian nama GKR Pembayun menjadi GKR Mangkubumi, serta mengangkat GKR Pembayun menjadi Putri Mahkota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com