Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Pangalengan, Nenek dan Cucu Tewas dalam Posisi Berpelukan

Kompas.com - 05/05/2015, 23:10 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Proses evakuasi korban longsor di Kampung Cibitung RT 01/RW 15 Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, berlangsung dramatis. Aparat dan relawan bahu-membahu mencari warga yang diduga tertimbun longsor, bahkan hingga malam hari.

Meski penerangan terbatas, petugas tetap semangat melakukan evakuasi. Upaya mereka pun tak sia-sia. Petugas tiba-tiba berteriak menemukan korban.

Begitu dilihat, suasana haru dirasakan petugas karena mereka melihat dua korban tewas dalam posisi berpelukan.

"Kedua korban tersebut ialah Nayla (1) dan Ma Oja (60)," ujar Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Marlan, Selasa (5/5/2015).

Marlan mengakui, upaya pencarian korban yang tertimbun berlangsung dramatis. Meski malam hari, petugas berupaya sebaik mungkin untuk mengevakuasi korban. Namun, karena pandangan semakin terbatas dan hujan turun, proses evakuasi dihentikan sementara.

"Evakuasi akan dilanjutkan besok pagi, sekitar pukul 07.00 WIB," ucap Marlan.

Seperti diketahui, pipa panas bumi milik Star Energy di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, meledak akibat pergerakan tanah. Ledakan tersebut memicu longsor yang menimbun rumah penduduk.

Akibat dari kejadian ini, sebanyak empat orang dinyatakan meninggal. Mereka adalah Iran Sobarna (55), Nayla (1), Ma Oja (60), dan Pardi (70).

Sementara itu, korban yang mengalami luka ringan mencapai empat orang dan kini sudah kembali berkumpul dengan keluarganya. Adapun yang mengalami luka berat sebanyak empat orang kini dan ditangani di RSUD Al Ihsan, Baleendah, Kabupaten Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com