Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Puas dengan Ijazah SD dan Ingin Jadi Kades, Pria Ini Ikut Ujian Paket B

Kompas.com - 05/05/2015, 15:14 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com
- Merasa tak puas hanya memiliki ijazah SD padahal ingin sekali menjadi kepala desa, seorang kakek bernama MS Panin (58), warga Tanjung Aur, Kecamatan Tanjung Kemuning, Kabupaten Kaur, Bengkulu, mengikuti ujian penyetaraan kejar paket B untuk mendapatkan ijazah SMP.

"Selama ini, saya hanya tamat SD terasa betul pendidikan kurang, mau menjadi Kades, perangkat desa selalu terkendala syarat pendidikan, makanya saya semangat ikut ujian paket B," kata Panin, Selasa (5/5/2015).

Dia sangat berharap dapat lulus dalam ujian paket B ini, meski matanya tak lagi terang membaca soal-soal yang diberikan.

"Mata saya sudah tak lagi terang makanya baca soal harus berulang-ulang, semoga saja hasilnya bagus," ujar pria berkacamata ini sambil tersenyum.

Dia juga berjanji pada dirinya sendiri jika lulus ujian paket B, tahun depan dia akan mengikuti ujian paket C atau penyetaraan SLTA.

Panin lahir di Kabupaten Kaur pada 12 Juli 1957. Dia menyebutkan, pada masa kecilnya, dia hanya mampu menamatkan SD karena kondisi ekonomi keluarga sehingga tak mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Pesan untuk anak muda, manfaatkan waktu sekolah kalian lebih baik dan harus ditamatkan, kalau sudah seperti sayakan repot pendidikan rendah," ungkap Panin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com