Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduk Jatigede Beroperasi 2019, Presiden Bilang "Lama Banget"

Kompas.com - 04/05/2015, 13:06 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan telekonferensi tentang Waduk Jatigede, Sumedang dengan Presiden Joko Widodo. Dalam kesempatan itu, Aher --demikian dia biasa disapa, menjelaskan tentang perkembangan pembangunan Waduk Jatigede.

"Jatigede (PLTA) ini untuk 2x55 MW. Insya Allah bisa dimanfaatkan 2019," ujar Aher kepada Presiden Jokowi dalam telekonferensi "35.000 MW untuk Indonesia", di Sumedang, Senin (4/5/2015).

Mendengar jawaban itu, Jokowi langsung menjawab, "lama banget". Lalu, Presiden menanyakan, berapa lama pengerjaan konstruksinya, dan bertanya "Tak bisa lebih cepat?".

Aher pun menjawab, menurut PT PLN, pengerjaan konstruksi PLTA Jatigede membutuhkan waktu 34 bulan. Namun, pemerintah daerah akan mempercepat konstruksi, sehingga masyarakat bisa segera merasakan listrik yang dihasilkan.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya,  PT PLN membangun PLTA Jatigede 2x55 MW yang akan memanfaatkan debit air dari waduk serbaguna Jatigede, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

PLTA Jatigede dengan power house bertipe semi bawah tanah akan dibangun di Desa Kadujaya, Kecamatan Jatigede yang nantinya akan dioperasikan untuk memikul beban puncak. Waduk ini akan merendam 147 ha yang didominasi lahan masyarakat. Saat ini, dari 147 ha, sebanyak 137 ha sudah dibebaskan. Sisa lahan 10 ha, akan segera dibebaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com