Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarwo: Masih Anggota DPD, Pasek Tak Boleh Jadi Calon Ketum Demokrat

Kompas.com - 03/05/2015, 11:04 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Gede Pasek Suardika dipastikan tidak akan maju menjadi kandidat calon ketua umum Partai Demokrat dan bersaing dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Ini karena aturan partai tidak memperbolehkan kader yang memiliki jabatan anggota DPD RI, maju menjadi calon ketua umum.

"Dia kan anggota DPD, jadi tidak boleh maju menjadi calon ketua umum, aturan partai memang seperti itu," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Soekarwo, setelah jalan sehat jelang kongres Partai Demokrat di Surabaya, Minggu (3/5/2015).

Gubernur Jatim itu mengaku tidak tahu pasti siapa saja yang maju menjadi calon ketua umum.

"Yang saya baca di koran ada tiga, pak SBY, Marzuki Ali, dan Gede Pasek Suardika," ujarnya.

Sebelum ada konflik, Pasek cukup dekat dengan SBY. Saat menjadi anggota DPR dari daerah pemilihan Bali, Pasek dipercaya menjabat Ketua Komisi III DPR sampai akhirnya ia dirotasi ke Komisi IX.

Pada Pemilu 2014, Pasek memutuskan menjadi calon senator dari Bali dan terpilih menjadi anggota DPD RI periode 2014-2019. Pasek juga merupakan loyalis mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, yang sering berseberangan dengan SBY dan para pendukungnya, sedangkan Marzuki masih aktif di partai dan kini menjadi Wakil Ketua Majelis Tinggi DPP PD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com