Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRI Kapitan Pattimura Tangkap 5 Kapal Berbendera Malaysia dan Thailand

Kompas.com - 01/05/2015, 16:53 WIB
Kontributor Singkawang, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - KRI Kapitan Pattimura 371 menangkap lima kapal nelayan asing yang diduga menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia, tepatnya di dekat perbatasan Indonesia-Malaysia, Kamis (30/4/2015).

Tiga dari lima kapal itu berbendera Thailand, sedangkan dua lainnya berbendera Malaysia. Kelima kapal itu kini diamankan di pangkalan TNI AL di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (1/5/2015).

Penangkapan itu berawal dari laporan nelayan yang melihat kapal-kapal berbendera asing itu menangkap ikan secara ilegal menggunakan trawl yang dilarang di Indonesia. Untuk mengelabui petugas, kelima kapal tersebut menggunakan nama Indonesia sebagai nama kapal nya, tetapi tanpa disertai dokumen resmi.

Komandan KRI Kapitan Pattimura, Letnan Kolonel Laut, Fajar Herawan mengatakan, kelima kapal asing yang ditangkap tersebut memang sedang melakukan aktivitas illegal fishing di perairan Indonesia.

Saat dikejar, kapal-kapal itu sempat melarikan diri menuju perairan Malaysia, tetapi bisa digagalkan oleh TNI Angkatan Laut. “Ada sekitar 30-40 ikan dari berbagai jenis yang yang sudah ditangkap kelima kapal nelayan tersebut” kata Fajar Herawan, Jumat (1/5/2015).

Dari hasil penggeledahan di kapal, anggota TNI AL mendapatkan sejumlah bendera negara asing yang digunakan untuk mengelabui patroli. Bendera yang digunakan pun acapkali berganti sesuai negara yang dimasuki perairannya. Saat ini kelima kapal tersebut beserta 62 anak buah kapalnya berada di Pangkalan TNI Angkatan Laut Pontianak, guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com