Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"May Day", Gedung Sate Dikepung Ribuan Buruh

Kompas.com - 01/05/2015, 14:15 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Ribuan buruh Jawa Barat mengepung Gedung Sate, di Jalan Diponegoro, Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/5/2015). Mereka yang datang dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Barat melakukan unjuk rasa pada Hari Buruh International atau May Day 1 Mei 2015.

Koordinator Wilayah Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Jawa Barat, Sudaryanto, mengatakan, ada 20.000 buruh yang hadir.

"Ada kelompok dari Garut, dari Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang. Kami datang ke sini untuk memperingati May Day, kami akan menyuarakan tuntutan kami," kata Sudaryanto saat ditemui di sela-sela unjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung.

Pantuan Kompas.com, ribuan buruh menyemut di halaman Gedung Sate. Mereka membawa sejumlah bendera dan mengibar-ngibarkannya. Mereka juga membawa spanduk-spanduk dan poster-poster yang bertuliskan aspirasi para buruh tersebut.

Satu per satu, koordinator buruh menyampaikan aspirasunya di hadapan ribuan buruh itu. Mereka mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Jalan Diponegoro ditutup.

Adapun tuntutan mereka, di antaranya, hapus sistem kerja kontrak dan outsourcing, tolak politik upah murah, tapi berlakukan upah layak nasional, tolak PHK, union busting dan kriminalisasi anggota dan pengurus serikat buruh, laksanakan hak-hak buruh perempuan dan lindungi buruh migran Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com