Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Karangetang Terus Erupsi, Warga Mulai Mengungsi

Kompas.com - 30/04/2015, 12:39 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis


SIAU, KOMPAS.com - Gunung Api Karangetang di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, terus memuntahkan lava pijar dan memaksa warga di Dusun Kulu dan Dusun Kolo-Kolo, Bebali, Kecamatan Siau Timur, mengungsi.

Wakil Bupati Sitaro, Siska Salindeho, meminta warganya untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti petunjuk pemerintah terkait evakuasi.

"Masyarakatnya juga hendaknya responsif terhadap anjuran pemerintah dan jangan mengabaikan tanda-tanda bahaya dari aktifitas Karangetang yang terus meningkat," ujar Salindeho, Kamis (30/4/2015).

Hingga saat ini, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro serta instansi terkait terus siaga untuk mengantisipasi kemungkinan peningkatan aktivitas salah satu gunung teraktif itu ke level yang lebih tinggi.

Buyung Mangangue, warga Sitaro, menjelaskan com bahwa aliran lava dari kawah Karangetang kini telah mendekati pemukiman warga di kedua dusun itu sehingga mereka harus dievakuasi. Karangetang kembali menyemburkan lava pijar sejak Kamis (23/4/2015) pekan lalu dan hingga kini terus mengeluarkan lava pijar.

Beberapa hari yang lalu, erupsi Karangetang juga menyebabkan hujan abu di beberapa desa dan membuat petugas harus membagikan masker. Dari situs Badan Geologi disebutkan Karangetang merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, yang saban tahun erupsi.

Keaktifannya itu membuat status Siaga Level III yang dilekatkan pada Karangetang sejak 3 September 2013 hingga kini belum diturunkan. Karakteristik erupsinya umumnya berupa erupsi eksplosif tipe strombolian disertai dengan pertumbuhan kubah lava yang sering diikuti oleh kejadian awan panas guguran.

Bahaya Karangetang umumnya diakibatkan oleh awan panas guguran, longsoran guguran lava pijar dari kubah lava dan bahaya sekunder lahar. Risiko bahaya menjadi semakin tinggi karena Siau merupakan pulau dimana terdapat pemukiman di sekitar Karangetang dan beberapa kampung berjarak sangat dekat dengan pusat erupsi.

Aktivitas Karangetang pada saat ini didominasi oleh aktivitas di kedalaman dangkal yang berhubungan dengan pertumbuhan dan guguran dari kubah lava. Karangetang yang mempunyai ketinggian puncak 1.827 meter itu merupakan salah satu dari sekian banyak gunung berapi di Sulawesi Utara, seperti Lokon, Soputan, dan Awu. Pulau Siau sendiri berjarak sekitar 146 kilometer dari Manado.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com