Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Program Sejuta Rumah di 9 Provinsi melalui Konferensi Video

Kompas.com - 29/04/2015, 18:31 WIB
Kontributor Nias, Hendrik Yanto Halawa

Penulis


KOTA GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com
 — Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking dan meresmikan pencanangan Program Sejuta Rumah yang dipusatkan di Ungaran, Jawa Tengah, dan secara serentak dilakukan di sembilan provinsi di Indonesia, Rabu (29/4/2015).

Kesembilan wilayah tersebut adalah Nias Utara, Jakarta, Bantaeng, Ungaran, Tangerang, Cirebon, Malang, Kota Waringin Timur, dan Palembang. Meski berada di Ungaran, Jokowi meresmikan program itu secara serentak melalui video conference atau konferensi video di daerah lainnya.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, kebijakan pemerintah di bidang perumahan melalui Program Sejuta Rumah setiap tahun diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, seperti kelompok nelayan, pekerja, buruh, PNS, TNI, dan Polri.

Tahun ini, ada 10.000 unit rusunawa untuk pekerja, 7.600 unit untuk buruh, dan 2.400 unit yang akan dikerjakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Di Nias, peresmian program ini digelar di Desa Maziaya, Kecamatan Lotu, Kabupaten Nias Utara, yang dikerjakan oleh pengembang swasta PT Hati Saro Mandiri.

Bupati Nias Utara Edward Zega mengatakan, alokasi untuk Nias Utara sebanyak 300 rumah dan akan diusahakan selesai pada tahun 2015. Namun, saat ini difokuskan pada pembangunan 150 unit di atas area lahan seluas 7 hektar. Dalam pelaksanaannya, pemerintah akan bekerja sama dengan BTN dan Perum Perumnas.

Selain itu, Edward juga melayangkan permintaan kepada Jokowi.

“Kita dalam video conference tadi meminta kepada Bapak Presiden Jokowi pembangunan jalan lingkar sepanjang 48 kilometer dan perpanjangan landasan pacu Bandara Binaka,” kata Edward.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com