Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Selidiki Kebocoran Sumur Minyak Sukowati

Kompas.com - 27/04/2015, 15:43 WIB

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, mengundang Tim Laboratorium Forensik Polda Jawa Timur untuk menyelidiki kebocoran sumur minyak Sukowati 21 di Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, yang mengeluarkan gas H2S (Hidrogen Sulfida), 25 April lalu.

Kapolres Bojonegoro AKBP Hendri Fuiser, di Bojonegoro, Senin (27/4/2015), mengatakan, Tim Labfor Polda Jawa Timur, hari ini mulai melakukan penyelidikan di lokasi sumur minyak Sukowati 21 yang mengalami kebocoran.

"Penyelidikan langsung dilakukan di lokasi kejadian. Sebelumnya, polres sudah memberi garis polisi di lokasi sumur minyak yang mengalami kebocoran," katanya, menegaskan.

Lebih lanjut ia menjelaskan penyelidikan yang dilakukan Tim Labfor Polda Jawa Timur itu, untuk mengetahui penyebab pasti kejadian kebocoran sumur minyak Sukowati 21, yang mengeluarkan gas beracun H2S.

"Penyelidikan untuk memastikan apakah kebocoran terjadi karena kesalahan manusia atau karena di luar kemampuan manusia," ucapnya.

Namun, menurut dia, pihaknya juga sudah meminta keterangan sejumlah petugas Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java (PPEJ) terkait kasus sumur minyak Sukowati 21 itu.

Menjawab pertanyaan mengenai kasus sumur migas di daerahnya, yang sering tidak pernah disampaikan kepada publik, ia menyatakan dalam beberapa hal yang menyangkut penyelidikan polisi bisa saja tidak disampaikan kepada publik.

"Bisa saja hasil penyelidikan tidak diumumkan, karena menyangkut penyelidikan," tandasnya.

Kabag Ops Polres Bojonegoro Kompol Agung Wahono, menambahkan polres juga sudah turun menyelidiki dan memberikan garis polisi di lokasi sumur minyak Sukowati 21 yang mengeluarkan gas H2S, Sabtu (25/4).

"Meskipun ada garis polisi para pekerja JOB PPEJ tetap bisa bekerja seperti biasanya," ucapnya.

Dalam kejadian kebocoran sumur minyak itu, puluhan warga Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, terpaksa diungsikan, di Balai Desa Campurejo, Kecamatan Kota, akibat mengalami gejala keracunan pusing-pusing, mual dan mencium bau busuk.

"Sumur minyak Sukowati 21 mengeluarkan gas H2S tidak lama, tapi penanganan untuk mengatasi kebocoran gas berlangsung sekitar 30 menit," kata "Security Government Relation" Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Petrochina East Java (PPEJ) Yoga S Utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com