Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengasuh Terduga Pembunuh Balita Akan Jalani Tes Kejiwaan

Kompas.com - 24/04/2015, 22:25 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Ria (18), warga Desa Pertigilama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, terduga pelaku pembunuh balita Kezya Boru Simanjuntak (2,4) akan menjalani tes kejiwaan. Kondisi kejiwaan Ria terlihat labil saat menjalani pemeriksaan polisi.

"Penyidik sudah mengajukan surat permohonan ke biro psikologi USU agar pelaku mendapat konseling. Hari ini suratnya dilayangkan," kata Muslim Harahap dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAID) Sumatera Utara, Jumat (24/4/2015).

Keyza tewas setelah Ria menutup wajah balita itu dengan kain. Menurut pengakuan Ria, ia mengajak Keyza bermain cilukba karena anak asuhnya itu rewel dan tidak bisa tidur. Peristiwa ini sangat mengejutkan orang tua Keyza. Ria yang sudah lama bekerja sebagai pengasuh anak pada keluarga itu dikenal baik dan dekat dengan Keyza.

Menurut Muslim, Ria memberikan keterangan berbeda-beda saat diperiksa. Kadang, ia mengatakan melakukan tindakan itu karena dendam. Kadang, ia mengaku mendengar bisikan gaib.

"Dia pernah mengalami kekerasan waktu dulu bekerja di Batam sama saudara orangtua korban. Ini yang harus kita pastikan dulu. Maka jangan terlalu cepat mengkriminalisasi pelaku. Hasil kerjanya bagus, tapi pelaku memang terkesan tertutup," kata Muslim. 

Kapolsekta Deli Tua Kompol Anggoro Wicaksono membenarkan soal rencana memeriksa kejiwaan Ria.

"Kami sudah mengajukan permohonan agar pelaku mejalani pemeriksaan psikologi di USU. Kita tunggu hasilnya. Dari kesimpulan pemeriksaan psikologi ini kita akan melanjutkan proses hukum pelaku. Setelah uji ini, kita akan melakukan rekonstruksi," kata Kapolsek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com