Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

34 Kepala Desa Keracunan Makanan Saat Diklat

Kompas.com - 23/04/2015, 10:47 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com — Sebanyak 34 kepala desa keracunan ikan tongkol seusai makan sajian yang disediakan oleh panitia diklat di Kantor Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Jalan Kawi, Malang, Rabu (22/4/2015) malam.

Para kades itu awalnya mengeluh mual dan pening setelah makan malam. Menurut cerita Kamsun (57), Kepala Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo, sebelumnya panitia menyajikan makan malam dengan menu nasi, ikan pindang, terong, kemangi, tempe goreng, dan sambal.

Makanan tersebut disajikan oleh empat orang penyaji, yakni Mohammad Gufron (21), Oka Prasetya (20), keduanya warga Jalan Binor, Kelurajan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing Kota Malang, dan Khoiri Ariyanto (21), warga Jalan Janti Utara, serta Arif.

Awalnya, para kepala desa menyantap makanan yang disajikan dengan lahap. "Saat ikan disajikan, kondisi warna ikan sudah gosong dan sangat keras. Setelah makan, banyak peserta mendadak merasa pening dan mual-mual. Bahkan, ada yang sekujur badannya bentol-bentol dan merah," kata dia.

Melihat kejadian ini, Kamsun dan beberapa kades lainnya lari ke klinik yang tidak jauh dari ruang makan untuk memberitahukan jika beberapa temannya mengalami pening dan mual serta bentol-bentol. "Ternyata, sudah ada beberapa kepala desa lainnya yang mengalami hal yang sama," kata dia.

Saat itu juga, pihak panitia mendapat laporan jika banyak kepala desa yang ambruk diduga keracunan. "Panitia langsung membawa para kades ke rumah sakit," ujar dia.

Sementara itu, Koordinator Badan Diklat Provinsi Jatim di Malang, Ramlyanto, mengatakan, kejadian tersebut sudah ditangani. "Total ada 34 kades yang dirawat di rumah sakit, 17 orang dibawa ke RSSA Malang, dan 17 lainnya dibawa ke RS Hermina," kata Ramlyanto, Kamis (23/4/2015).

Dia mengaku sangat menyesalkan kejadian tersebut. "Peserta yang dirawat kondisinya tidak ada yang parah. Semuanya sudah ditangani dengan baik," kata dia.

Kasus tersebut sudah ditangani oleh pihak kepolisian. Kendati banyak peserta yang keracunan, diklat yang total diikuti 240 orang itu tetap dilanjutkan. Bahkan, besok peserta akan melakukan visinasi ke Tulungagung.

"Visinasi itu program, yaitu peserta diklat dibawa ke salah satu desa yang memiliki potensi. Tujuannya ialah untuk memberikan motivasi kepada kepala desa lain untuk dapat mengembangkan potensi yang ada," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com