Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Daya Saing, 10 Pasar Tradisional di Jember Akan Direvitalisasi

Kompas.com - 21/04/2015, 18:45 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Sebanyak 10 pasar tradisional di Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan direvitalisasi di tahun ini. Revitalisasi itu mencakup seluruh aspek, mulai dari aspek fisik bangunan pasar, dan non fisik yakni pedagang.

“Tahun ini, total secara keseluruhan ada 10 pasar yang akan kita vitalkan kembali fungsinya. Mulai dari kita renovasi bangunannya, hingga pedagang yang akan kita berikan pelatihan,” ungkap Kepala Dinas Pasar Jember, M Hasi Madani, Selasa (21/4/2015).

Menurut Hasi, untuk revitalisasi pedagang, pihaknya akan menggandeng sejumlah dinas terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM.

“Nanti kita beri pelatihan, agar para pedagang di pasar tradisional bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pelanggannya,” katanya.

Apalagi, lanjut Hasi, berdasarkan masukan DPRD Kabupaten Jember, pasar tradisional sudah mulai kalah bersaing dengan pasar modern.

“Kalau ini terus dibiarkan, maka lama kelamaan pasar tradisional akan ditinggal oleh masyarakat,” imbuhnya.

Untuk pembangunan fisik pasar sendiri, rencana akan direnovasi secara bertahap.

“Target kita di tahun ini, ada 10 pasar yang kita renovasi . Sehingga nantinya, kesan pasar tradisional itu kumuh dan bau, akan hilang dengan proses renovasi tersebut,” harap Hasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com