Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kartini, Petugas Medis di Manokwari Juga Pakai Kebaya

Kompas.com - 21/04/2015, 10:41 WIB
Kontributor Kompas TV, Budy Setiawan

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan untuk merayakan Hari Kartini, yang jatuh pada tanggal 21 April ini. Petugas kesehatan rela tampil sedikit ribet dengan mengenakan kebaya lengkap saat melayani para pasien yang datang untuk membutuhkan pelayanan.

Seperti yang terlihat pada, Puskesmas Sanggeng, di Kelurahan Manokwari, Kabupaten Manokwari, Selasa (21/4/2015). Puskesmas yang hampir seluruh pegawainya adalah kaum hawa, terlihat mengenakan pakaian kebaya.

Terlihat gerak-gerik petugas pelayanan medis tetap lincah saat melayani pasien, meskipun ada sebagian petugas yang terlihat masih canggung saat menggunakan kebaya adat Jawa itu.

Sebagian dari para pasein mungkin paham soal perayaan Hari Kartini. Namun, sebagian lainnya tentu merasa heran, namun mereka tetap menyanjung ide kreatif yang telah disepakati bersama oleh para petugas medis tersebut.

Menurut Kepala Puskesmas Sanggeng Ivone f. Kalele, kebaya Jawa lengkap terasa menyejukkan pemandangan bagi para pasien yang datang berobat. Pasien pun memberi apresiasi. “Ini bentuk perayaan menyambut Hari Kartini tahun ini. Selain pelayanan dengan busana kebaya, kami juga telah lakukan berbagai kegiataan sebelumnya,” ungkap dia.

Pemakaian kebaya ala Jawa di Puskesmas Sanggeng Manokwari merupakan kali pertama dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com