Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Rekor Dunia, SAU Siapkan 25.000 Angklung

Kompas.com - 21/04/2015, 10:28 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Demi memecahkan rekor dunia pada Kamis (23/4/2015), Saung Angklung Udjo (SAU) menyiapkan 25.000 angklung. Angklung tersebut rencananya akan dimainkan 20.000 pemain.

"Acaranya untuk 20.000 peserta, tapi kami buatnya lebih, sekitar 25.000," ungkap pemilik SAU, Taufik Udjo kepada Kompas.com, Selasa (21/4/2015).

Selain untuk berjaga-jaga, Taufik mengaku sengaja memproduksi angklung lebih banyak sebagai bentuk kesiapan. Maksudnya, jika peserta pemecahan rekor dunia melebihi 20.000 peserta, pihaknya sudah siap. "Kami sudah siap jika jumlahnya lebih dari 20.000 orang," ucapnya.

Namun ketika jumlah pemain melebihi dari yang direncanakan, bukan hanya angklung yang harus dipersiapkan. Tapi, berbagai perlengkapan pendukung seperti big screen dan pemandu pun harus bertambah.

"Soalnya mengatur puluhan ribu bermain angklung cukup sulit. Semakin ada jarak, semakin ada delay," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, SAU hari ini terasa hening. Namun di beberapa ruangan, proses pembuatan angklung terlihat sibuk. Mereka mendengarkan nada-nada yang dikeluarkan angklung. Di bagian luarnya, terlihat truk hilir mudik dan mengangkut ribuan angklung di dalamnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com