Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi Kejiwaan Mario "Si Penyusup Pesawat" Bakal Diperiksa

Kompas.com - 20/04/2015, 10:01 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com - Kuasa Hukum Mario Steven Ambarita "si penyusup pesawat", Mangiring Sinaga, mengatakan, kliennya akan menjalani pemeriksaan kejiwaan.

Mangiring mengatakan, pemuda 21 tahun itu mengalami perubahan sikap yang terasa drastis. Biasanya, dia bersikap ramah dan penyayang pada keluarganya berubah menjadi pemarah.

"Dari pengakuan ayahnya, dia menjadi pemarah. Dia tidak suka di kawal terus menerus oleh ayahnya hingga akhirnya kabur dari rumah," kata Mangiring, di Pekanbaru, Minggu malam (19/4/2015).

Mangiring menjelaskan, sebelum Mario kabur, pihak keluarga dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perhubungan berencana akan melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap Mario pada Selasa (21/4/2015) besok. "Tapi karena dia kabur, ya kita akan atur ulang lagi," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Mario kabur dari rumahnya di Rokan Hilir, Riau pada Jumat lalu (17/4/2015), dan akhirnya ditemukan di Bandara Kualanamu, Deli Serdang Sumatera Utara pada Minggu (19/4/2015).

Menurut ayah kandung Mario, Manahan Ambarita, anak pertamanya itu ditemukan sekitar pukul 18.00 WIB oleh pihak kemanan Bandara Kualanamu. Namun, dia mengatakan tidak mengetahui bagaimana Mario bisa berada di Bandara Kualanamu dan tujuan anak pertamanya itu ke bandara tersebut.

Aksi nekat Mario Steven Ambarita menghebohkan publik pada Selasa lalu (7/4/2015), setelah pria itu membobol keamanan Bandara SSK II Pekanbaru untuk masuk ke ruang roda belakang pesawat Garuda Indonesia tujuan Jakarta.

Dia lantas menjadi penumpang gelap dan sempat terbang lebih dari satu jam hingga pesawat mendarat lagi di Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian, Mario sempat ditahan PPNS Kementerian Perhubungan di Pekanbaru, sebelum akhirnya diserahkan kembali ke keluarganya karena ancaman hukuman yang diterima Mario di bawah lima tahun penjara.

Namun, setelah dua hari bersama keluarganya, Mario dikabarkan hilang pada Jumat dinihari. Sebelum melarikan diri, Mario sempat meninggalkan sepucuk "surat cinta" kepada kedua orangtuanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com