Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan di Atas Kanvas 1.100 Meter untuk Ultah Kota Gianyar

Kompas.com - 18/04/2015, 17:30 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


GIANYAR, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut HUT ke-244 Kota Gianyar Bali, Pemerintah Kabupaten Gianyar Bali menggelar parade melukis dengan panjang total 1.100 meter di atas kain kanvas di Jalan By Pass Dharma Giri Gianyar. Di atas kain itu, akhirnya terdapat 625 lukisan.

“Acara ini dalam rangka memeriahkan HUT kota Gianyar yang ke-244 tahun. Panjangnya sekitar 1.100 meter, kami sudah ukur dengan baik tadi, dan jumlah lukisan mencapai 625 lukisan,” kata Nyoman Arjawa, Ketua Panitia Lomba Lukisan HUT Kota Gianyar ke-244, Sabtu (18/4/2015).

Arjawa juga menyampaikan, antusiasme pelukis yang berjumlah 552 orang seniman ini cukup membuat decak kagus dengan hasil lukisan yang bagus. Tidak hanya pelukis pria, tetapi juga pelukis wanita yang mengenakan pakaian adat madya ini patut dipuji di tengah makin merosotnya minat anak muda di dunia lukis.

“Pesertanya dari berbagai kalangan, baik akademik, non akademik, yang otodidak, pelajar seluruh Kabupaten Gianyar yang ingin berpartisipasi. Kami juga memberikan kesempatan bagi masyarakat juga ikut serta dalam demo melukis ini,” tambahnya.

Lukisan yang dibuat beraneka ragam, dari mulai tema penghijauan, tokoh, tarian dan lainnya. Untuk hasil lukisan, peserta bebas dimiliki oleh pelukis. Jika disumbangkan kepada pemerintah Daerah Gianyar, maka lukisan tersebut akan dijadikan koleksi pemerintah daerah. Kalau ada kolektor yang berminat membeli, semuanya diserahkan kepada pelukis untuk nego harga sesuai keinginan dan panitia tidak ikut campur lagi.

”Saya lukis dengan tema penghijauan, karena saat ini penghijauan semakin menipis,” kata Nyoman Murdana salah satu peserta parade lukis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com