Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kota Ini, Pelanggar Lalu Lintas Dapat Setangkai Bunga dan Helm Gratis

Kompas.com - 17/04/2015, 19:39 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com — Bukannya mendapat surat tilang, para pelanggar lalu lintas di Jalan Trans-Sulawesi, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat (17/4/2015), malah mendapat helm gratis dan setangkai bunga. Ini adalah cara simpatik yang dilakukan kepolisian setempat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan keselamatan di jalan raya.

"Pemberian helm dan setangkai bunga kepada para pelanggar lalu lintas adalah bentuk kasih sayang petugas terhadap para pengendara agar mereka sadar dan menghargai betapa pentingnya keselamatan diri dan orang lain di jalan raya. Kita berharap kecelakaan bisa dihindari dengan kesadaran sendiri," ujar Kapolres Polewali Mandar AKBP Agoeng Adi Kurniawan di sela-sela operasi simpatik, Jumat. 

Belasan polisi berdiri di persimpangan Jalan Andi Depu dan Jalan Mamasa sambil membawa tangai-tangkai bunga. Para pengendara yang tidak tertib berlalu lintas disapa, lalu diberi setangkai bunga. Mereka yang tidak mengenakan helm dihentikan, lalu diberikan helm standar gratis.


KOMPAS.Com Pelanggar lalu lintas di Polewali Mandar mendapat hadiah helm standar dari petugas polisi dalam operasi simpatik di Jalan Trans Sulawesi, Jumat (17/4/2015).
Sambil menyerahkan "hadiah", para polisi itu mengingatkan para pengendara soal pentingnya menjaga keselamatan diri di jalan raya. Tertib berlalu lintas tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, tetapi juga orang lain. 

Sejumlah pelanggar lalu lintas yang semula tampak tegang karena khawatir bakal ditilang malah tersenyum ketika polisi menghadiahi mereka setangkai bunga dan helm gratis. 

Menurut Kapolres, dari ribuan pengendara yang terjaring razia selama satu bulan terakhir, hanya 20 persen yang ditilang. Sisanya mendapat "hadiah".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com