Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Danlanud Beberkan Hasil Penyisiran di Pesawat Batik Air

Kompas.com - 17/04/2015, 12:16 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Setelah evakuasi dan pemeriksaan atas pesawat Batik Air yang mendapat ancaman teror, tim Gegana Brimob Polda Sulselbar tidak mendapat benda mencurigakan.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Landasan Udara (Danlanud) Hasanuddin, Marsekal Pertama, Tamsil GM saat menggelar konferensi pers di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Jumat (17/4/2015).

"Setelah mendapat informasi dari menara di Ambon saat 10 menit lepas landas, ATC Makassar langsung melaporkan ke Angkasa Pura. Angkasa Pura lalu melapor ke kami di Lanud Hasanuddin, lalu diminta tim Gegana datang melakukan pemeriksaan. Setelah diperiksa, tidak ada ditemukan benda mencurigakan atau bom seperti yang diancamkan si peneror," kata dia.

Tamsil mengakui, ada beberapa koper penumpang dalam pesawat yang sempat dicurigai. Namun saat diperiksa, tas koper tersebut berisikan charger, baterai handphone dan kamera. "Pemeriksaan dilakukan kargo depan dan kargo belakang supaya cepat pemeriksaan barang-barang penumpang. Jadi semua aman steril, tidak ada bom dalam bagasi pesawat Batik Air," kata dia.

Sebelumnya, Pesawat Batik Air dari Ambon menuju ke Jakarta mendapat ancaman teror bom. Ancaman itu diterima menara di Ambon, Jumat (17/4/2015) sekitar pukul 07.05 Wita. Pesawat akhirnya mendarat darurat di Makassar sekitar pukul 07.20 Wita.

Seluruh penumpang pesawat pun dievakuasi dan polisi langsung melakukan pemeriksaan terhadap seluruh badan pesawat. Selain itu, polisi juga memeriksa seluruh barang penumpang yang ada di bagasi pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com