Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan 60 Tahun KAA, Lalu Lintas Udara Akan Dibuka-Tutup

Kompas.com - 15/04/2015, 19:01 WIB

KOMPAS -
Peringatan Ke-60 Konferensi Asia Afrika di Kota Bandung, Jawa Barat, akan digelar tanggal 19-24 April 2015. Demi melancarkan dan mengamankan perjalanan tamu-tamu penting, selama acara tersebut akan dilakukan buka-tutup jalur penerbangan di sekitar Jakarta-Bandung.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko seusai apel kesiapan TNI-Polri di Silang Monas, Jakarta, Rabu (15/4), meminta maaf jika kenyamanan masyarakat terganggu untuk sementara. "Bisa menggunakan transportasi udara untuk para kepala pemerintahan yang bepergian Jakarta-Bandung atau kereta api dan kendaraan bermotor. Pilihan angkutan di luar pesawat terbang karena mengikuti kondisi cuaca," kata Moeldoko.

Menurut dia, total ada 16.631 personel gabungan TNI di sekitar Jakarta-Bandung, termasuk bantuan dari Kodam II/Sriwijaya dan Kodam IV/Diponegoro. Pasukan elite dari Komando Pasukan Katak TNI AL, Komando Pasukan Khusus TNI AD, Korps Pasukan Khas TNI AU, dan Detasemen Jala Mangkara Korps Marinir TNI AL terlibat dalam pengamanan Konferensi Asia Afrika (KAA). Selain itu, dikerahkan pula 762 personel satuan tugas (satuan tugas) Intelijen TNI.

Panglima TNI menerangkan, delegasi 109 negara dijadwalkan hadir dalam peringatan KAA, ditambah 17 negara pengamat dan 20 organisasi internasional.

Dia berharap KAA Ke-60 berhasil dan menjadi etalase kesuksesan Indonesia sebagai bangsa. Satgas gabungan tersebut menjamin KAA Ke-60 berlangsung lancar, aman, dan nyaman.

"Persiapan sudah berjalan baik. Sudah digelar tactical game. Prajurit jangan ragu-ragu dalam bertugas. Pengamanan juga memberi kenyamanan kepada pihak lain. Sikap tegas diperlukan dan kenyamanan diberikan kepada pihak lain, yakni masyarakat. Selalu pegang prinsip tegas, netral dan profesional, kendalikan diri, jaga emosi, dan tidak mudah terprovokasi," ujar Moeldoko.

Para prajurit yang terlibat langsung di lapangan diminta terus menganalisis setiap perkembangan situasi serta berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara, Badan Intelijen Strategis TNI, dan intelijen daerah untuk mendapatkan informasi akurat. Deteksi dini dan laporan cepat diperlukan untuk tindakan lanjutan.

Panglima juga mengimbau masyarakat untuk menyukseskan acara dan jangan merugikan kehidupan negara ke depan. Demikian pula setiap prajurit diminta memahami tugas satuan sendiri dan satuan lain.

Sejumlah pesawat tempur, helikopter, dan pesawat transpor disiagakan di Pangkalan TNI AU (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta; Lanud Atang Senjaya, Bogor; dan Lanud Kalijati, Subang; dan Lanud Iswahjudi, Madiun. Satuan kapal perang di Jakarta, Laut Jawa, dan Selat Sunda juga disiagakan demi menjaga keamanan pelaksanaan KAA.

Membatalkan penerbangan

Maskapai penerbangan AirAsia mengumumkan pembatalan jadwal penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung, untuk penerbangan komersial pada 23-24 April. Pembatalan ini dilakukan untuk mengakomodasi penerbangan VIP peserta KAA 2015 di Bandung.

Penutupan bandara dilakukan pada Kamis (23/4) pukul 16.00 hingga Jumat (24/4) pukul 21.00. Adapun penerbangan AirAsia yang dibatalkan adalah tujuan Kuala Lumpur, Singapura, Surabaya, Pekanbaru, dan Denpasar.

Selain itu, penerbangan di Solo dan Semarang juga dibatalkan karena terkait dengan penerbangan ke Bandung. Penumpang yang ingin menanyakan penerbangannya bisa menghubungi pusat panggilan AirAsia Indonesia di nomor 08041333333.(ARN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com