Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Penerima PSKS di Magelang Warga Lansia

Kompas.com - 12/04/2015, 19:46 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Mayoritas penerima bantuan program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) tahun 2015 Kota Magelang adalah warga lanjut usia (lansia). Mereka rela mengantre untuk memperoleh uang senilai Rp 600.000 di kantor pos Magelang, Minggu (12/4/2015).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, distribusi dana PSKS berlangsung lancar dan tertib. Meski jumlah penerima pada hari kedua ini mencapai 1.000-an orang namun tidak terjadi antrean panjang.

Sambudi (73), salah satu penerima dana PSKS, mengaku senang karena menerima dana kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) itu. Kakek dua cucu itu mengatakan akan menggunakan uang PSKS untuk membeli alat sekolah bagi cucu-cucunya yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Sebagai seorang petani, ia menilai, bantuan ini cukup berarti meski dengan jumlah tidak seberapa.

“Kalau uangnya cukup, bisa untuk modal usaha jual-beli ayam. Tapi kalau tidak cukup, untuk makan sehari-hari dan beli alat-alat sekolah buat cucu,” tutur warga Jurangombo Selatan, Kota Magelang, itu.

Terpisah, Kepala Kantor Pos Magelang, Agus Sulistyo menyebutkan, di Magelang jumlah penerima PSKS sebanyak 94.651 orang, terdiri dari 4.501 orang dari Kota Magelang dan 90.150 orang dari Kabupaten Magelang. Pencairan dana tersebut dilakukan secara bertahap mulai 11 hingga 15 April 2015 mendatang.

Agus mengatakan, penerima yang tinggal di Kota Magelang dapat mengambil dana PSKS di kantor pos pusat alun-alun, sedangkan di Kabupaten Magelang bisa di kantor-kantor pos hingga tingkat kecamatan, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Agar tidak lama mengantre, kami membuat jadwal pencairan. Hari pertama dan kedua, jumlah penerima sekitar 2.200 orang dari delapan kelurahan di Kota Magelang. Adapun sisanya dari sembilan kelurahan dicairkan mulai Senin-Rabu lusa,” jelas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com