Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imigrasi Denpasar Deportasi 5 Warga Tiongkok Tersangka Penipuan Online

Kompas.com - 10/04/2015, 22:43 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Jumat (10/4/2015) malam ini, Imigrasi mendeportasi lima warga Tiongkok yang menjadi buron negara karena diduga melakukan tindakan penipuan melalui dunia maya. Kelimanya adalah bagian dari 39 warga negara asing yang diamankan saat penggerebekan di vila yang berada di Denpasar Timur, belum lama ini.
 
"Malam ini, kita akan mendeportasi tahap awal ke negaranya. Lima WNA ini bagian dari yang digerebek di vila oleh tim gabungan beberapa hari lalu," kata Saroha Manullang,
kepala Informasi dan Sarana  Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Denpasar, Bali, Jumat (10/4/2015).
 
Sahora juga menambahkan, kelima WNA yang dipulangkan ke Tiongkok adalah wanita. Mereka antara lain Lin Ai, Mo Yun, Fang Liu, Duan Rushun dan Liu Min. Mereka diberangkatkan pukul 01.55 Wita menggunakan Pesawat China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ-6066.
 
"Sebelum diberangkatkan, mereka berada di Ruang Detensi Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar. Deportasi ini berdasarkan  keputusan kepala Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar," tambahnya.
 
Mereka dikawal oleh petugas Imigrasi Denpasar bersama dengan CID (kepolisian RRT) saat berangkat dari kantor Imigrasi Denpasar menuju Bandara Ngurah Rai. Dari Bandara Ngurah Rai ke negaranya akan langsung dikawal oleh petugas kepolisian RRT.

Setibanya di negaranya, kelima wanita asal Tiongkok tersebut akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku di negara tersebut. Terkait 34 warga Taiwan yang tersisa akan dideportasi pada tahap berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com