Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Anggota Militan Jateng Pilih Berbisnis ketimbang Gabung ISIS

Kompas.com - 09/04/2015, 20:30 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Banyak mantan anggota kelompok militan asal Jawa Tengah menolak bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kendati diiming-imingi kemakmuran. Mereka memilih bekerja secara halal di Indonesia karena itu juga bagian dari jihad.

Seorang mantan anggota kelompok militan, Yusuf Adirima alias Abu Husna, mengungkapkan, berhenti dari dunia radikalisme turut mengubah pandangannya tentang konsep rezeki. Dulu, ia mengakui rezeki di bawah kilauan panji-panji jihad.

"Rezeki adalah ganimah, yakni segala harta kekayaan orang-orang kafir yang dikuasai oleh kaum Muslimin melalui perang penaklukan (harta rampasan perang). Dulu, rezeki di bawah kilauan pedang," kata Yusuf lalu tersenyum kepada Tribun Jateng, Rabu (8/4/2015).

Kini, Yusuf punya pendapat lain berkaitan dengan rezeki. Baginya, rezeki sesuai ajaran rasul adalah rezeki bagi mereka yang rajin berusaha. "Tidak mesti melalui rampasan perang," tandasnya.

Ia berujar, sebenarnya ada dua konsep mata pencaharian (rezeki) yang dijalankan para anggota kelompok militan, yaitu amal sehari-hari dan amal dari perang. Dulu amal (rezeki) dari perang jadi rezeki primer, sekarang usaha sehari-harilah yang jadi amal utama.

"Bagi saya, rezeki itu pilihan amal. Kalau di lapas, amal terbaik adalah baca Quran. Ketika keluar, sebaliknya, saya harus berinteraksi dengan kehidupan yang kompleks," tuturnya.

Ia tidak menampik cerita masa lalunya. Namun, Islam yang dipikirkannya saat ini adalah Islam sebagai jawaban. Jika ada pengangguran, bagaimana Islam menjawabnya, dan lain sebagainya.

"Begitu juga sebagai kaum Muslim yang hidup di Indonesia, sudah seharusnya usaha yang dilakukannya sesuai aturan yang ada di Indonesia," ujarnya.

Vonis 10 tahun

Ketika melihat helikopter United Nations (PBB) terbang rendah di Kota Semarang, Yusuf Adirima alias Abu Husna langsung berkomentar. Menurut mantan narapidana kasus terorisme itu, ketinggian helikopter bisa dijangkau oleh senjata para anggota kelompok militan jika helikopter itu melintas di wilayah konflik.

"Pakai senjata saja cukup, tidak perlu pakai bazooka. Eman-eman amunisinya," kata Yusuf yang menjelaskan situasi perang sesungguhnya ketika berbincang dengan Tribun Jateng.

Itulah nukilan kisah dari pria yang pernah bergelut dengan dunia radikalisme dan membuatnya divonis 10 tahun penjara ini. Ia bebas setelah menjalani hukuman 5,5 tahun di Lapas Kedungpane, Semarang, dan menjalani pembebasan bersyarat.

Pada masa lalu, ia pernah berperang di Filipina Selatan membantu perjuangan Moro Islamic Liberation Front (MILF), lalu terlibat konflik Poso, hingga akhirnya dibekuk Densus 88 pada 9 Juli 2003 di Semarang dengan tuduhan memasok senjata ke Poso.

Kini, ia bermetamorfosa menjadi seorang pengusaha rental mobil dan warung makan Dapoer Bistik di Solo. Pria yang dulu piawai menarik pelatuk senjata sejenis AK-47 itu kini piawai menjalankan bisnis restoran dan sewa mobil.

"Dengan kehidupan sekarang, sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, menyekolahkan anak. Kalau beli rumah, belum," katanya lalu tertawa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com