Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang UN "Online", Sekolah Sewa Sejumlah Unit Komputer

Kompas.com - 07/04/2015, 17:06 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SALATIGA, KOMPAS.com - Pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA/sederajat tahun ini digelar dalam dua sistem, yakni sistem computer based test (CBT) dan paper based test (PBT). Lantaran baru digelar pertama kali, sejumlah sekolah yang akan menggelar ujian sistem CBT telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari cadangan suplai listrik, tryout hingga menyewa komputer untuk mengantisipasi kerusakan.

Seperti yang terpantau di SMKN 3 Salatiga, Jawa Tengah. Demi kelancaran pelaksanaan UN online, pihak sekolh sampai mengupayakan untuk meminjam beberapa unit komputer untuk cadangan.

Kepala SMKN 3 Salatiga, Hadi Sutjipto mengatakan, komputer yang sudah dipersiapkan untuk pelaksanaan UN online berjumlah 124 unit. Namun sebagai antisipasi jika terjadi kerusakan teknis, pihaknya menyewa beberapa unit komputer dari beberapa lembaga kursus komputer di Salatiga.

"Kami cadangkan supaya kalau rusak tinggal diganti. Kami juga berharap pada hari H nantinya tidak ada pemadaman listrik kendati kita sudah menyaiapkaan genset," kata Hadi, Selasa (7/4/2015).

Sementara itu, untuk menjajal kehandalan sistem CBT dan kesiapan siswa, SMKN 3 Salatiga juga melakukan try out selama empat hari sejak jumat lalu.

Rencananya, 315 siswa SMKN 3 Salatiga akan mengikuti UN online yang akan digelar pada 13 April hingga 16 April 2015.

Salah seorang siswa, Hirzan Wahyu mengatakan, selama tryout dirinya tidak menemukan hambatan yang berarti. Bahkan menurutnya, UN online mempersingkat waktu pengerjaan lantaran siswa tidak perlu menulis pada lembar jawaban.

"Tidak ada masalah, malah lebih cepat karena tidak pakai kertas soal dan alat tulis saat mengerjakan," kata Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com