Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Pulang Kampung, Jokowi Bagi-bagi Amplop Berisi Uang Rp 100 Ribu

Kompas.com - 03/04/2015, 20:37 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com -- Presiden Joko Widodo melewatkan akhir pekan di kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah. Tiba di Solo pada Jumat (3/4/2015), Jokowi direncanakan akan melakukan sejumlah kegiatan hingga Minggu (5/4/2015).

Usai tiba di Solo, Jokowi pun menyempatkan melaksanakan salat Jumat di Masjid Al Wustho, Mangkunegaran, Banjarsari. Setelah tiba di Bandara Adisumarmo sekitar pukul 11.30 WIB, Jokowi dan rombongan memutuskan untuk salat Jumat terlebih dahulu di salah satu masjid kuno di Solo itu, yang berada tak jauh dari Pura Mangkunegaran.

Kedatangan Jokowi membuat jemaah masjid terkejut dan berebut untuk bersalaman. Petugas Paspampres pun dibuat kerepotan.

Seusai salat Jumat, Jokowi bersama rombongan menuju ke restoran untuk santap siang. Tampak Iriana dan kedua anaknya, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep mendampingi Jokowi.

Tak jauh beda dengan di masjid, warga yang sedang bersantap di restoran tersebut pun segera berebut untuk bersalaman dan berfoto bersama dengan mantan walikota Solo tersebut. Setelah bersantap siang, Jokowi menyalami warga Solo yang menunggu di luar restoran.

Tidak hanya itu, bahkan Jokowi juga membagi-bagi amplop berisi uang Rp 100 ribu kepada warga. "Syukur dapat amplop, isinya seratus (ribu), mas," kata Warti, salah seorang warga.

Bukan kali ini saja Jokowi bagi-bagi amplop kepada warga. Dalam kunjungan ke Bengkulu pada November 2014 silam, Jokowi membagi uang ke para nelayan, pedagang, tukang jahit, dan pengurus masjid. (Baca: Di Bengkulu, Jokowi Bagi-bagi Duit ke Penjual Ikan dan Tukang Pangsit)

Saat menghadiri perayaan Nyepi di Candi Prambanan beberapa waktu lalu, Jokowi juga membagi-bagikan amplop berisi uang Rp 100.000 kepada sejumlah umat Hindu yang berusia lanjut. (Baca: Nyepi di Prambanan, Presiden Jokowi Bagi-bagi Amplop Berisi Uang)

Usai bersalaman dan membagikan amplop, Jokowi dan rombongan segera meninggalkan lokasi. Menurut informasi yang didapat, Jokowi berencana melewatkan akhir pekan dengan keluarga dan tidak ada acara khusus kenegaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com