Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Paskah di Ambon, Ratusan Polisi Disiagakan

Kompas.com - 03/04/2015, 20:13 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Jajaran Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menyiagakan sebanyak dua satuan setingkat kompi (SSK) atau 210 personelnya untuk mengamankan jalannya perayaan ibadah Paskah di Kota Ambon, Sabtu hingga Minggu (5/3/2015).

Kepala Polres Pulau Ambon, AKBP Komaruz Zaman mengatakan, ratusan personel polisi itu akan dikerahkan di sejumlah titik di Kota Ambon, terutama sejumlah kawasan rawan, untuk mengamankan jalannya perayaan Paskah.

“Ada 27 titik yang akan dijaga oleh polisi. Jadi setiap titik itu akan ditempatkan sebanyak 3 sampai empat personel,” kata Komaruz Zaman kepada Kompas.com, Jumat (3/3/2015).

Pengamanan perayaan Paskah, kata dia, akan dilakukan secara terbuka di ruang publik atau secara tertutup di sejumlah lokasi. Pengamanan juga akan melibatkan Polsek-Polsek yang ada di Kota Ambon. ”Jadi pengamanannya itu gabungan antara Polres dan Polsek,” kata dia.

Khusus pengamanan gereja, pihaknya akan memprioritaskan pengamanan bagi sejumlah gereja di Kota Ambon yang dinilai padat jemaat dan berada di pusat kota. Sejumlah gereja itu di antaranya adalah Gereja Maranatha, Gereja Katdral, Gereja Silo dan Gereja Rehoboth.

“Di gereja-gereja itu kita prioritaskan untuk pengamanan nanti akan ada personel yang mengamankan di situ,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pengamanan tidak hanya dilakukan saat puncak ibadah Paskah, namun akan dilakukan juga saat pawai obor berlangsung. Menurut mantan Kapolres Buru itu, dalam pawai obor nanti pengamanan akan dilakukan dengan melibatkan personel TNI dan juga Brimob.

“Termasuk juga saat patroli itu akan dilakukan secara gabungan bersama TNI,” ujarnya.

Pengamanan secara maksimal tersebut dilakukan agar perayaan Paskah dapat berlangsung aman dan tertib. Dengan demikian, umat Kristiani yang merayakan dapat merasakan kenyamanan saat menjalankan ibadah.

“Kita juga berharap bantuan dari masyarakat untuk menjaga keamanan di Kota Ambon ini. Apalagi besok itu malam Minggu, pasti sangat ramai sekali,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com