Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Telusuri Jejak Adolf Hitler di Surabaya

Kompas.com - 01/04/2015, 17:12 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku sedang menelusuri kabar bahwa pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hitler, dimakamkan di Surabaya. Penelusuran itu dilakukan untuk melengkapi data koleksi pembangunan Museum Surabaya.

Bahkan, kata Risma, Adolf Hitler dimakamkan di permakaman umum di kawasan Jalan Ngagel Surabaya.

"Saya sudah lihat makamnya di Ngagel, tapi kami masih kroscek kebenarannya dan mencari bukti pendukungnya secara ilmiah, apakah benar Adolf Hitler dimakamkan di sana," ujar Risma seusai menghadiri acara ulang tahun media online lokal di Surabaya, Rabu (1/4/2015).

Kabar beredar yang tak terkonfirmasi, Hitler melarikan diri ke Surabaya di ujung kekalahan Nazi oleh sekutu. Disebut-sebut, ia menutupi identitasnya dan berubah profesi menjadi seorang dokter hingga meninggal dunia dan dimakamkan di Surabaya.

Jika memang tokoh Nazi itu dimakamkan di Surabaya, lanjut Risma, itu akan menjadi koleksi yang sangat berharga bagi museum nantinya. Museum Surabaya didesain menceritakan sejarah Kota Surabaya sejak masa kerajaan, penjajahan, hingga kemerdekaan.

"Benda-benda bernilai sejarah masa kerajaan sebagian sudah kami kumpulkan di Museum Mpu Tantular," ungkapnya.

Museum tersebut akan menguatkan identitas Kota Surabaya sebagai kota sejarah, selain sebagai kota perdagangan dan kota pahlawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com