Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Apartemen di Bandung Tak Punya Izin, Deddy Mizwar Geram

Kompas.com - 01/04/2015, 14:07 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
 — Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa lokasi pembangunan apartemen ilegal di kawasan Bandung Utara (KBU), Rabu (1/4/2015) siang.

Ada tiga apartemen yang dikunjungi, yakni The Maj Hotel & Residence di Jalan Dago Bandung, Dago Beach Apartemen di Kompleks Citra Green Dago, dan Galery Ciumbuleuit 3 di Jalan Ciumbuleuit. Deddy mengecek sejumlah persyaratan, seperti izin mendirikan bangunan (IMB) dari setiap bangunan tersebut.

"Kita mengecek apakah bangunan-bangunan itu memiliki IMB dan memiliki rekomendasi gubernur apa tidak," kata Deddy di lokasi terakhir sidak di Jalan Ciumbuleuit, Bandung, Jawa Barat, Rabu.

Dalam sidak tersebut, Deddy menemukan bahwa ketiga bangunan apartemen itu tidak memiliki izin rekomendasi dari Gubernur. Bahkan, ada bangunan yang tidak memiliki IMB sama sekali.

"Yang pertama, The Maj Hotel itu IMB ada, tetapi rekomendasi dari Gubernur tidak ada. Kedua, yang Dago Beach Apartemen sama sekali enggak punya IMB, apalagi rekomendasi Gubernur. Yang ketiga, Galeri Ciumbuleuit enggak ada rekomendasi Gubernur dan kayaknya IMB juga enggak ada," kata Deddy.

Deddy menggeleng-gelengkan kepalanya setelah menemukan bahwa bangunan-bangunan tersebut tidak memenuhi persyaratan, tetapi pembangunannya terus berjalan.

"Enggak punya rekomendasi dan enggak punya IMB kok sudah dibangun? Ini namanya bandel ini, bangunan nakal. Ini harus segera ditertibkan. Kita akan lakukan pengkajian terhadap tiga pembangunan apartemen tersebut. Kita akan kaji, kita akan stop, nanti kita akan police line, soalnya enggak ada izin rekomendasi dari Gubernur dan ada juga yang belum punya IMB sama sekali," kata Deddy.

Pembangunan dua apartemen sudah mencapai 50 persen, yakni The Maj Hotel & Residence dan Dago Beach Apartemen Kompleks Citra Green Dago. Apartemen tersebut sudah dipasarkan, bahkan ada beberapa kamar yang sudah laku terjual.

"Heran, ini bangunan enggak ada rekomendasi dan izin tetapi sudah dipasarkan dan ada yang sudah laku. Gimana ceritanya ini?" tanya Deddy sambil geleng-geleng kepala.

"Pokoknya ini akan kita urus nih. Kita akan hentikan, akan kita stop, terus (dipasangi) police line," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com