Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Problem Gajah Liar, Saatnya Pawang Thailand "Diimpor" ke Aceh?

Kompas.com - 01/04/2015, 09:42 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Konflik gajah dan manusia yang terjadi di perbatasan Kabupaten Bireuen dan Bener Meriah, Aceh tak kunjung berakhir. Kondisi ini mengundang perhatian banyak pihak.

Camat Juli, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bireuen, Edward Jufri, menyebutkan, sudah saatnya Pemerintah mendatangkan pawang gajah khusus dari Negara Thailand untuk menjinakkan hewan bertubuh besar itu.

”Bisa bayangkan berapa sudah biaya dihabiskan hanya untuk menghalau setiap gajah yang diketahui masuk ke perkampungan penduduk, tapi apa ini selesai dalam jangka waktu lama?” tegas Edward.

Dia mengatakan, biaya tak sedikit dan penyelesaian yang tak tuntas, bukan solusi terbaik mengatasi masalah tersebut. Apalagi, persoalan ini menyangkut nyawa dan keselamatan penduduk. ”Nantinya gajah liar yang sudah dilatih oleh pawang bisa kita jadikan alat transportasi seperti di Thailand dan India," kata dia.

Di samping itu, keberadaan gajah terlatih juga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), untuk ditempatkan sebagai lokasi wisata yang di dalamnya menyuguhkan atraksi gajah seperti yang kerap disaksikan di Aceh.

Edward mengaku, sering mendapat laporan langsung dari masyarakatnya di kawasan Pante Peusangan, Kecamatan Juli, yang mengabarkan keresahan mereka apabila melihat beberapa ekor gajah melintas di pemukiman penduduk.

”Kalau siang hari otomatis warga tak bisa ke kebun untuk bekerja. Kalau malam hari warga tidak berani tidur karena dihantui gajah-gajah masuk ke pemukiman mereka,” ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com