Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Senin Tanpa Nasi di Bandung"

Kompas.com - 31/03/2015, 09:45 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mencanangkan program satu hari tanpa nasi di Kota Bandung. Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, hari yang dipilih untuk program tersebut, sesuai dengan arahan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, adalah hari Senin.

"Warga BDG, atas arahan propinsi, dgn ini kita mulai prog One Day No Rice tiap hari Senin. Mari kita coba kurangi konsumsi beras," tulis Emil dalam akun Twitter-nya, @ridwankamil, Selasa (31/3/2015)

Lebih lanjut, Emil mengimbau, program tersebut bisa disinergikan dengan puasa sunah yang biasa dijalankan umat Muslim setiap hari Senin dan Kamis. "Bagi yg muslim, prog One Day No Rice, bisa dikombinasikan berpuasa hari Senin Kamis. Mari kita puasa Senin sambil sukseskan OneDayNoRice," ucap dia.

Salah satu alasan mengapa program tersebut diterapkan adalah untuk penghematan bahan pangan. Menurut dia, Indonesia merupakan negara dengan tingkat konsumsi beras paling besar. "Kita termasuk masyarakat boros dlm konsumsi beras: 139 kg/orang/tahun. Malaysia hanya 90 kg, Jepang 70 kg, Korea hny 40 kg. Mari berhemat," tulis Emil lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com