Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Ridwan Kamil Bayar Biaya Akik Baturaja untuk Peringatan KAA?

Kompas.com - 30/03/2015, 13:23 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, cincin bermata batu mulia warna biru asal Baturaja, Sumatera Selatan, yang akan dijadikan cendera mata untuk para kepala negara peserta peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, 24 April 2015 mendatang, adalah sumbangan dari pengusaha.

Oleh karena itu, tidak ada uang sepeser pun yang dikeluarkan untuk cincin batu mulia tersebut. "Hibah, semua sumbangan," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di Bandung, Senin (30/3/2015).

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Herlan Joeliawan menambahkan, pemberian batu mulia ini merupakan salah satu upaya promosi agar batu biru Baturaja lebih populer.

"Enggak pakai APBN dan APBD, ini salah satu sumbangan dari (pengusaha batu mulia) Baturaja. Mereka sangat concern dengan KAA ini. Itu sumbangan," ucap Emil lagi.

Untuk cincin iket emban, Herlan memastikan bahwa bahannya akan terbuat dari perak yang dibuat oleh perajin dari Bandung. Cincin akan dibuat dua ukuran, untuk laki-laki dan perempuan. "Kalau untuk laki-laki, nilainya Rp 1 juta-lah," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com