Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek Rumiyatun Tersengat Kabel Listrik yang Menjuntai di Jalan

Kompas.com - 29/03/2015, 23:02 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis


MAGELANG, KOMPAS.com
- Seorang nenek, Rumiyatun (50), mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya setelah tersengat listrik tegangan tinggi. Warga Dusun Sabrang, Desa Margoyoso, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, itu pun harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Islam Kota Magelang.

Informasi yang dihimpun, musibah itu bermula saat Rumiyatun hendak ke warung dekat rumahnya, Minggu (29/3/2015) pagi. Rumiyatun berjalan melewati beberapa rumah tetangga untuk menuju warung. Namun tiba-tiba ia tersengat listrik dari kabel yang menggantung di tiang listrik dekat salah satu rumah tetangganya.

"Tiba-tiba saja dia (korban) jatuh terkapar. Setelah itu ada suara ledakan dari atas togor (tiang)," ujar Ira, saksi mata.

Menurut Ira, tubuh Rumiyatun mengalami luka bakar di beberapa bagian. Sejumlah warga yang melihat kejadian itu segera menolong korban dan langsung membawanya ke rumah sakit.

Parno, warga setempat, mengungkapkan bahwa kabel PLN yang putus dan menjuntai tersebut diduga akibat diterjang angin disertai hujan deras yang terjadi pada Sabtu malam. Kejadian itu pula yang mengakibatkan belasan pohon tumbang.

"Kabelnya putus sekitar pukul 03.00 WIB karena tertimpa pohon tumbang. Saat itu kondisi kabel yang menggantung masih dialiri listrik, Kami sudah lapor ke PLN," kata Parno.

Parno mengaku, warga sudah membuat pembatas terbuat bambu di sekitar kabel yang menjuntai agar warga tidak mendekat. Hal itu lantaran kabel dipastikan masih teraliri listrik tegangan tinggi. Bahkan warga juga inisiatif membersihkan beberapa ranting pohon yang tumbang di sekitar kejadian.

Hingga berita ini ditulis, korban masih mendapat perawatan intensif di rumah sakit. Luka bakar di tubuhnya hingga 60 persen mengakibatkan korban masih sulit berkomunikasi dengan baik.

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Magelang Kota Dandi Fajar Musratmo membenarkan kejadian tersebut. Menurut Dandi, putusnya kabel listrik disebabkan karena tertimpa pohon saat hujan deras dan angin terjadi di wilayah Margoyoso.

Belum diketahui penanggungjawab pengobatan

Sementara terkait biaya pengobatan korban, pihaknya belum memutuskan kebijakan apapun. Putusnya kabel listrik sudah ditangani oleh supervisor teknik dan stafnya. Menurut Dandi, putusnya kabel listrik itu disebabkan adanya pohon tumbang.

"Sejauh ini kabelnya sudah ditangani oleh supervisor teknik dan stafnya. Kami juga sudah melapor ke kantor area. Kami belum bisa memutuskan kebijakan apapun terkait biaya pengobatan korban. Area yang akan memutuskan," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com