Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Resmikan Gentala Arasy, Ikon Baru Kota Jambi

Kompas.com - 28/03/2015, 12:39 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan ikon Kota Jambi Gentala Arasy. Ikon tersebut berupa jembatan melengkung yang membelah Sungai Batanghari. Jembatan itu dilengkapi dengan Menara Gentala Arasy setinggi 80 meter di salah satu sisi. 

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyampaikan, Jembatan Gentala Arasy dibangun sengan anggaran senilai Rp 88,7 miliar. Hasan Basri mengharapkan jembatan itu menjadi ikon masyarakat Jambi ke depan.

Pembangunan ikon ini mengusung kepentingan ganda, selain mendorong pertumbuhan ekonomi setempat, kawasan ini  diharapkan sebagai penanda nilai-nilai budaya.

Secara fisik Jembatan Gentala Arasy berbentuk seperti huruf S. Jembatan ini didesain khusus untuk  pejalan kaki dengan panjang 503 meter dan lebar 4,5 meter. Adapun proses pembangunan berlangsung dalam tiga tahun anggaran sejak 2012-2014.

Jusuf Kalla berharap penanda kota ini dapat menarik wisatawan datang ke Jambi. Kota-kota besar lain di dunia juga memiliki penanda masing-masing. Kalla berpesan agar semua pihak  dapat menjaga kebersihan dan merawat kawasan ini dengan baik. "Saya yakin pemerintah dan rakyat Jambi dapat menjaga bangunan ini," kata Kalla.

Usai meresmikan Gentala Arasy, Jusuf Kalla menyeberangi jembatan itu dengan mobil golf. Setengah perjalanan berikutnya dilakukan dengan jalan kaki. Usai menyeberangi jembatan itu, Kalla menuju rumah Gubernur Jambi untuk menghadiri pertemuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com