Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Densus Tangkap Seorang Terduga Anggota ISIS di Tulungagung

Kompas.com - 27/03/2015, 18:58 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Satu tim aparat Satuan Khusus Anti Teror Densus 88 Polri menangkap salah seorang pria warga Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (27/3/2015), karena yang bersangkutan diduga terlibat dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Informasi yang dihimpun, pria yang ditangkap tersebut adalah Ridwan Sungkar alias Iwan alias Abi Bilal alias Ewo yang berusia sekitar 40 tahun. Dia ditangkap dalam penggerebekan di sekitar rumahnya di Dusun Grobokan, Desa Mangunsari, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung, pagi tadi.

Laki-laki yang pernah berprofesi sebagai makelar tiket tersebut pada tahun 2014 kemarin diduga pernah berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Dia berada di negara yang tengah dilanda pergolakan perang itu selama satu bulan.

Usai penangkapan itu, aparat Densus kemudian menggeledah rumah terduga anggota ISIS tersebut, namun belum diketahui pasti apa saja yang didapat dalam penggeledahan tersebut.

Operandi penangkapan hampir seluruhnya dilakukan oleh Densus 88 berdasarkan kewenangannya. Kepolisian setempat hanya bertindak sebagai pendukung, misalnya pada pengamanan sekitar tempat kejadian perkara (TKP) saja.

"Untuk kegiatannya (penggeladahan) apa saya enggak tahu karena saya ada (berjaga) di luar," kata AKP Edy Herwiyanto, kasat Reskrim Polres Tulungagung kepada Kompas.com, Jumat.

Dua hari sebelumnya, Densus Antiteror juga mengamankan beberapa orang yang diduga terkait ISIS di Malang. Dua wilayah ini berjarak sekitar 150 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com