Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jatim: Tiga Warga Malang Terbukti Ikut Perang Bersama ISIS di Suriah

Kompas.com - 26/03/2015, 14:44 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Anas Yusuf menegaskan, tiga warga Malang yang ditangkap aparat Densus 88 Anti Teror, terbukti pernah ikut berperang di Suriah bersama kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Ketiganya masuk ke dalam kelompok yang berafiliasi dengan kelompok ISIS Salim Mubarok alias Abu Jandal Al Indonisi. Mereka adalah Abdul Hakim Munabari, warga Jalan Ade Irma Suryani, RT 07 RW 11, Gg 3 A No 306, Kelurahan Kasin, Kec Klojen, Helmi Aalamudi (51), di Jalan Soputan 2 RT 03 RW 01, Kelurahan Karang Besuki, Kecamatan Sukun dan Ahmad Junaidi (34), di Jalan Parseh Jaya 2, RT 1/RW 4 Kelurahan Bumiayu, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

"Ketiga orang tersebut terbukti menjadi anggota ISIS dan sudah pernah ikut perang ke Suriah. Ikut berperang selama enam bulan di sana. Selama di Suriah, tak hanya ikut membuat peralatan perang kelompok ISIS," kata Anas Yusuf, saat jumpa pers di Mapolresta Malang, Kamis (26/3/2015).

Menurut dia, ketiganya sudah lama diintai. "Jelas ketiganya adalah kelompok ISIS, bukti kita sudah kuat. Data kita jelas dari intelijen," kata Anas lagi.

Ketiganya, bahkan juga belajar merakit bom. "Di sana di kamp perbatasan, masuk kelompoknya Salim Mubarok alias Abu Jandal Al Indonisi, yang unggah videonya di Youtube. Ketiganya dikenakan UU terorisme. Kita sudah mengeledah tiga rumah pelaku. Ada beberapa barang bukti yang kita sita di rumahnya tadi pagi. Kemungkinan masih banyak kelompok lain yang bergabung. Kita terus melakukan penyelidikan untuk di beberapa daerah di Jawa Timur," tegas Kapolda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com