Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Hilangnya Alas Kaki Peserta KAA Saat Shalat Jumat Dibahas dalam Rakor

Kompas.com - 25/03/2015, 17:36 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bersama jajaran kepolisian dan TNI melakukan rapat koordinasi pengamanan penyelenggaraan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika pada tanggal 24 April 2015 mendatang.

Dalam rapat tersebut, selain membahas soal pengamanan kepala negara dan delegasi selama acara utama, terdengar selentingan soal kekhawatiran terhadap keamanan alas kaki para kepala negara dan delegasi pada saat mengikuti shalat Jumat di Masjid Raya Bandung. Ditakutkan, alas kaki para kepala negara akan hilang atau tertukar.

Menanggapi hal tersebut, Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim yang hadir dalam rapat tersebut mengaku telah mengantisipasi hal tersebut bersama dengan pihak keamanan dari Masjid Raya Bandung.

"Sudah disiapkan. Nanti orang-orang yang di masjid yang bertugas," kata Dedi seusai rapat di Balai Kota Bandung, Rabu (25/3/2015).

Di tempat yang sama, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Emil menyatakan pihaknya telah membuat prosedur pengamanan alas kaki peserta peringatan 60 tahun KAA pada saat shalat Jumat. Menurut Emil, pihak pengelola Masjid Raya Bandung telah membuat tempat penyimpanan alas kaki khusus untuk tamu VVIP.

"Sudah disiapkan. Masjid Agung sedang membuat toilet baru khusus VVIP. Di ruangan itu, ada tempat untuk menaruh sandal, sepatu. Jadi, naruh sendal dan sepatu VIP tidak akan disamakan dengan warga," ucapnya.

Selain itu, pengamanan alas kaki juga tidak diserahkan sepenuhnya kepada TNI atau Polri. Protokoler kepala negara masing-masing juga ikut bertanggung jawab.

"Yang ngurus protokoler kepala negara. Bukan presiden bawa-bawa sepatu dan nitip di tempat penitipan. Protokoler nanti ngambil, plastikin, dan mengamankan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com