Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iwa Karniwa Ditunjuk Gantikan Almarhum Wawan Ridwan sebagai Sekda Jabar

Kompas.com - 21/03/2015, 21:33 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan pihaknya sudah menunjuk Iwa Karniwa, Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat untuk mengisi kekosongan jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat yang sebelumnya dijabat oleh almarhum Wawan Ridwan.

"Untuk jabatan Sekda sudah ada Plh-nya (Pelaksana harian Sekda Jabar), kita sudah tunjuk Pak Iwa untuk mengisi jabatan itu," kata Deddy di Bandung, Sabtu, (21/3/2015).

Kepala Biro Humas Protokol dan Umum Ruddy Gandaksumah mengatakan pengangkatan Iwa sebagai Plh Sekda Jabar setelah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bernomor 821/Kep.338-BKD/2015.

"SK yang dikeluarkan Gubernur tentang penunjukan pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat yang memutuskan Iwa Karniwa sebagai Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat terhitung tanggal 17 Maret 2015," kata Ruddy.

Ruddy menambahkan, pengangkatan Iwa ditetapkan Gubernur Jabar sesuai dengan yang diatur pada Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor K.26-3/V.5-10/99 tanggal 18 Januari 2002 Perihal Penujukan Pejabat Pelaksana Harian.

"Waktu itu, pengangkatan Iwa berhubung Wawan Ridwan tidak dapat bertugas terhitung sejak tanggal 4 Maret 2015, dikarenakan sakit dan dirawat di RS. Hasan Sadikin, Bandung," kata Rudi.

Terlebih lagi, kata Ruddy, kini, Wawan Ridwan meninggal dunia pada Sabtu, (21/3/2015) pukul 06.45 WIB. Sebagai Plh Sekda Iwa Karniwa, lanjut Ruddy, seperti yang tertulis pada SK, memiliki kewenangan untuk pengelolaan administrasi keuangan, administrasi barang, dan administrasi kepegawaian berikut seluruh kewenangan yang melekat dalam jabatan sesuai ketentuan peraturan perundangan.

"Selain itu, Plh Sekda berwenang melaksanakan Pengundangan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat, Pergub Jabar, Peraturan DPRD Prov. Jabar," katanya.

Sekretaris  Daerah  Provinsi Jawa Barat Wawan Ridwan wafat dalam usianya yang ke - 59 pada hari ini, Sabtu (21/03/2015) pukul 06.45 WIB tadi pagi, di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat, dikarenakan sakit yang dideritanya. Almarhum Wawan meninggalkan seorang istri, Eti Nurbaeti dan 3 anaknya, diantaranya, Efita Fitriani, Reza Fathul Bahri, Dikri Bintang Kharisma. Jenazah sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Cikutra, Bandung, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com