Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Magelang Sediakan Sepeda Onthel untuk Punguti Sampah

Kompas.com - 20/03/2015, 20:00 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito meluncurkan sepeda "onthel" patroli kebersihan di alun-alun Kota Magelang, Jumat (20/3/2015). Patroli sepeda ini diharapkan menjadi tim sapu jagat kebersihan, sekaligus kampanye penggunaan alat transportasi ramah lingkungan.

Peluncuruan patroli sepeda penyisir dan pengangkut sampah ini ditandai dengan penyerahan sebanyak 40 sepeda oleh Sigit kepada para pekerja kebersihan Kota Magelang. Masing-masing sepeda dimodifikasi sedemikian rupa dan dilengkapi dengan dua bak sampah di belakang sepeda. Dua bak sampah ini bisa menampung sampah organik dan anorganik.

"Sepeda patroli ini bertujuan untuk menyisir dan mengangkut sampah-sampah yang tertinggal, terutama di jalan-jalan. Saya ingin Kota Magelang lebih baik lagi, tidak ada sampah sehingga memiliki daya tarik," ujar Sigit, seusai peluncuran.

Sigit menyebut sepeda patroli ini memiliki keunggulan dibanding kendaraan lain. Antara lain, ramah lingkungan, hemat dan dapat melewati gang-gang sempit. Sehingga, diharapkan pekerjaan petugas kebersihan bisa lebih maksimal, efektif dan efisien.

"Saya ingin kota Magelang bersih, tidak ada daun yang tercecer, obsesinya kan begitu. Pagi, siang, sore dan malam harus bersih. Kota Magelang termasuk kecil jadi sampai perkampungan juga harus bersih," ujar mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Magelang tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Tata Kota (DKPTK) Kota Magelang Arif Bharata Sakti menambahkan, seluruh petugas patroli nantinya akan menyebar, melakukan penyisiran dan memungut sampah yang tercecer di berbagai titik. Terutama di titik-titik keramaian, pertokoan dan jalan protokol.

Selain fokus memungut sampah yang tercecer, kata Arif, patroli sepeda ini juga sekaligus sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. "Kami ingin menanamkan budaya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat," ucap Arif.

Sunaryadi, salah satu petugas kebersihan Kota Magelang, mengaku senang menggunakan sepeda patroli tersebut. Sebab, sepeda itu dapat memudahkan dan meringankan pekerjaannya setiap hari. Ia yakin pekerjaanya mengangkut sampah-sampah rumah tangga akan lebih cepat.

"Senang (dapat sepeda patroli) karena tidak lagi berjalan kaki saat mengulang menyapu dan mengangkut sampah, jadi lebih cepat dan engga capek," ucap Sunaryadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com