Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Tertarik pada Sepatu Buatan Bandung

Kompas.com - 17/03/2015, 18:10 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com – Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) atau Korea Utara menyatakan ketertarikannya pada sepatu, latex, dan pengolahan karet di Indonesia. khususnya Jawa Barat. Hal itu ditunjukkan Korea Utara dalam kunjungannya ke Bandung, Selasa (17/3/2015).

“Mereka ingin melakukan kerja sama industri. Sebelumnya mereka mengirimkan tim pendahulu. Setelah itu, saat peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) berlangsung kepala negaranya (Kim Jong-un) akan berkunjung kesini,” ujar Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan kepada wartawan, Selasa (17/3/2015).

Aher mengatakan, kerja sama ini berbentuk business to business (b to b) yang akan menguntungkan kedua belah pihak di masa yang akan datang. Dalam kunjungannya selama tiga hari, Pemprov Jabar akan mempertemukan delegasi Korut dengan Kadin, sejumlah pelaku usaha di Jabar, serta melakukan kunjungan ke pabrik sepatu untuk melihat langsung proses produksi seoatu di Bandung.

Kunjungan Korut, sambung Aher, terbilang unik. Biasanya, sebuah negara maju datang ke Jabar untuk berinvestasi atau menawarkan produk. Namun Korut, datang ke Jabar untuk membeli produk Indonesia khususnya Jabar.

Ketertarikan ini, lanjutnya, merupakan peluang bagi UMKM maupun industri di Jabar karena Korut akan menjadi alternatif tujuan ekspor baru. Misi ekonomi ini pun penting untuk mempromosikan produk-produk Indonesia ke luar negeri.

Menurut Aher, dari sisi politis, kunjungan ini penting untuk meningkatkan hubungan bilateral. Apalagi Korea Utara yang dinilai kurang terbuka dengan dunia lain selalu memandang Indonesia sebagai salah satu sahabat baiknya.

“Kami akan memastikan kerja sama ini berjalan lancar,” ucapnya.

Dalam nota diplomatik dari Korea Utara yang diterima Kementerian luar Negeri Indonesia, delegasi Korut yang datang ke Indonesia mencapai 36 orang. Rombongan dipimpin Mr An Ong Su, Direktur Central Committee of Workers Party of Korea atau setingkat menteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com