Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muktamar ke-33 NU di Jombang Bakal Dihadiri 50.000 Orang

Kompas.com - 15/03/2015, 02:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Lebih dari 50.000 orang diperkirakan akan meramaikan arena Muktamar ke-33 Nahdatul Ulama (NU) di Jombang, Jawa Timur, 1-5 Agustus 2015 mendatang. Empat pesantren disiapkan untuk mengakomodasi mereka.

Kata Ketua Panitia Daerah, Muktamar NU ke-33, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), peserta penggembira selalu ada di setiap forum Muktamar NU. Jumlahnya jauh lebih besar ketimbang peserta resmi.

"Mereka biasanya dari kalangan santri, simpatisan NU dan masyarakat umum yang turut memeriahkan muktamar," katanya saat Launching Sukses Muktamar NU ke-33 di halaman PWNU Jatim, Sabtu (14/3/2015) malam.

Sementara peserta resmi muktamar (muktamirin) hanya sekitar 4.000 orang dari seluruh struktur wilayah NU hingga cabang di seluruh Indonesia.

"Selama empat hari empat malam, mereka akan menginap di empat pesantren di Jombang," jelas Wakil Gubernur Jawa Timur ini. Keempat pesantren di lokasi yang berbeda itu yakni, Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Darul Ulum Peterongan, Manba'ul Ma'arif Denanyar, dan Pesantren Tebuireng.

Selain menjadi tempat penginapan, pesantren juga digunakan lokasi forum komisi, selain di lokasi utama yakni di alun-alun Jombang.

Launching Sukses Muktamar ke-33 NU menghadirkan tontonan wayang kulit dengan dalang bupati Tegal, Jawa Tengah, Ki Entus Susmono. Cerita pertunjukan wayang mengangkat lakon "Nurkala Kalidasa" itu dihadiri ratusan warga Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com