Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi yang Ditemukan di Depan Warung Mi Ingin DIadopsi Pemilik Warung

Kompas.com - 14/03/2015, 00:40 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Bayi baru lahir yang ditinggalkan ibunya di kursi depan warung mi di Desa Suak Geudeubang, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat, Jumat (13/03/2015) petang dibawa pulang ke rumah Sudirman. Sebagai pemilik warung mi, Sudirman juga yang pertama kali menemukan bayi itu. Kini, Sudirman memutuskan untuk mengadopsinya.

“Kami bawa pulang bayi ini ke rumah. Karena di Puskesmas banyak sekali orang datang minta adopsi,” kata Sudirman kepada Kompas.com.

Menurut Sudirman, penemuan bayi ini diyakini keluarganya sebagai sebuah anugerah yang dititipkan oleh Allah SWT kepada keluarga mereka. Karena itu mereka memilih untuk merawat dan membesarkan bayi itu seperti anak kandung mereka mereka sendiri. Bayi ini tak akan diberikan kepada orang lain walau ditukar dengan uang berapun jumlahnya.

“Kami tak ingin bayi ini dirawat oleh orang lain, karena ini sudah rezeki kami. Buktinya bayi ini ditinggalkan ibunya di warung kami, padahal banyak warung lain di situ” katanya.

Masih kata Sudirman, Selama bayi ini dirawat di Puskesmas Cot Simeureung sejak Kamis (12/03/2015) pagi kemarin, banyak orang yang berdatangan dari berbagai daerah untuk meminta bayi ini diadopsi.

Pantauan Kompas.com, saat bayi tak berdosa ini tiba di rumah keluarga Sudirman, warga Desa sempat dari berbagai kalangan berduyun-duyun datang untuk melihat langsung sang bayi mungil itu.

"Banyak orang-orang berada yang datang meminta bayi ini, tapi kami tidak akan kasih,” kata Sudirman.

Bayi terbungkus sehelai kain itu ditemukan tergeletak di atas kursi di depan warung mi di Desa Suak Geudebang, Kamis (12/3/2015). Tangisan bayi itu menarik perhatian Sudirman, pemilik warung. (Baca: Bayi Mungil Ditinggalkan di Depan Warung Mi)

Bidan Puskesmas memperkirakan, bayi itu baru lahir belum sampai satu hari. Sebab saat pertama kali ditemukan, pada bayi terdapat mekonium atau kotoran yang dihasilkan bayi selama di rahim, yang berwarna hitam. (Baca: Bayi yang Ditemukan di Warung Mi Diduga Lahir Dibantu Orang Berpengalaman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com