Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Rawan Begal Dipasangi Lampu Penerangan Jalan

Kompas.com - 13/03/2015, 11:17 WIB
TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten memasang sebanyak 42 titik lampu penerangan jalan umum yang merupakan lokasi rawan aksi begal pencurian dengan kekerasan mengunakan sepeda motor di jalan raya.

"Pemasangan PJU (penerangan jalan umum) itu tersebar pada 29 kecamatan karena bila malam gelap dan sepi," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemkab Tangerang Ahmad Taufik di Tangerang, Jumat (13/3/2015).

Taufik mengatakan, untuk pemasangan lampu tersebut telah tersedia dana sebesar Rp 6,8 miliar yang berasal dari APBD tahun 2015. Namun, dana tersebut termasuk merupakan dana untuk pemasangan lampu dan perawatan selama satu tahun anggaran.

Menurut dia, sesuai arahan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, pemasangan lampu PJU itu merupakan antisipasi tindak kriminal malam hari. Bahkan, upaya tersebut juga merespons pernyataan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono tentang sejumlah lokasi rawan begal di wilayah ini.

"Mayoritas pemasangan lampu berada di kawasan pantai Utara (Pantura) yang gelap ketika malam dan pengendara takut melintas," kata dia.

Kawasan Pantura yang gelap pada malam hari terutama di antaranya di Kronjo, Kresek, Sukadiri, Mauk, Sepatan, Pakuhaji, Teluknaga dan Kosambi. Pemasangan lampu juga dilakukan di Kecamatan Balaraja, Cikupa, Curug, Panongan, Pagedangan, Kelapa Dua dan Gunung Kaler.

Warga yang melintas di jalan di Pantura itu terutama bagi pengendara sepeda motor akan merasa khawatir karena sepi dan tanpa lampu penerangan.

Taufik menambahkan, tujuan pemasangan PJU tersebut agar warga merasa nyaman dan aman ketika malam hari dan menghindari tindak kriminalitas lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com