Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 360 Jembatan Gantung yang Rusak di Lebak

Kompas.com - 13/03/2015, 10:19 WIB
LEBAK, KOMPAS.com - Sebanyak 360 jembatan gantung di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, kini rusak termakan usia. Kondisi ini berdampak terhadap akses ekonomi masyarakat setempat.

"Kami tahun ini mengalokasikan dana pembangunan jembatan gantung sebesar Rp15 miliar melalui APBD kabupaten," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Lebak, Kamis (12/3/2015) kemarin.

Iti menyebutkan, Kabupaten Lebak merupakan wilayah dengan jumlah jembatan gantung terbanyak. Hal itu karena terdapat daerah aliran sungai dengan kapasitas sungai utama dan anak sungai di wilayah ini.

Hampir di semua kecamatan terdapat jembatan gantung untuk menghubungkan antardesa. Pemerintah daerah dari tahun ke tahun terus melakukan perbaikan pembangunan jembatan gantung.

Pada 2014, sebanyak 11 jembatan dibangun dengan alokasi APBD Rp10 miliar. "Kami terus mengusulkan dana pembangunan jembatan gantung kepada pemerintah pusat juga pemerintah Provinsi Banten," kata dia.

Menurut Iti, dari 360 jembatan gantung yang kondisinya rusak ringan sebanyak 150, rusak sedang 97, dan rusak berat 113. Penyebab kerusakan jembatan itu akibat dimakan usia dan juga konstruksinya kurang berkualitas. Selain itu juga karena diterjang bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor.

"Saya kira jembatan gantung yang berlokasi di Desa Pajagan Kecamatan Sajira putus hingga 45 siswa SD terjatuh ke sungai akibat dimakan usia," kata dia.

Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Lebak Wawan Kuswanto mengatakan pemerintah daerah tahun ke tahun terus mengalokasikan dana perbaikan jembatan gantung.

Pada 2015 ini, kata dia, perbaikan jembatan gantung dialokasikan dana sebesar Rp15 miliar untuk pembangunan di 13 jembatan gantung. Ke-13 jembatan itu tersebar di 12 kecamatan yaitu Kecamatan Kalanganyar, Malingping, Bojongmanik, Curugbitung, Panggarangan, Cirinten, Wanasalam, Lebakgedong, Muncang, Cikulur, Cimarga, dan Kecamatan Leuwidamar.

"Kami terus setiap tahun mengusulkan dana pembangunan jembatan gantung kepada pemerintah pusat, juga Pemerintah Provinsi Banten." kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com