Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelihara Binturung, Tiga Pengusaha Kopi Luwak Ditangkap Polisi

Kompas.com - 12/03/2015, 10:41 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Daerah Lampung menangkap tiga pengusaha kopi luwak yang memelihara binturung atau arctictis binturong). Hewan itu merupakan satwa yang dilindungi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, Rabu (12/3/2015), ketiga pengusaha kopi luwak itu yakni Dadang Saputra, Sapri, dan Philipus Ajang. Masing-masing memiliki 27 ekor, lima ekor dan satu ekor. Satwa tersebut mereka pelihara untuk mengembangkan usaha kopi luwak yang menjadi andalan Provinsi Lampung.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung Subakir mengatakan, setiap individu atau lembaga boleh saja melakukan penangkaran atau konservasi satwa dilindungi asalkan mempunyai izin.

Negara, menurut Subakir, memberi izin pun bukan berarti warga bisa memiliki, melainkan hanya sekadar menitipkan saja. "Seperti Sapri itu, dia sudah memegang izin melakukan penangkaran terhadap satwa musang luwak, sedangkan satwa binturung sedang dalam proses pengajuan perizinannya ke Kementerian Kehutanan. Itu juga karena dia sebenarnya tersandung dengan kasus hukum, baru mengajukan izin," kata Subakir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com