Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan Sehari Tanpa Uang Tunai Segera Diterapkan

Kompas.com - 11/03/2015, 12:17 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com —
Bank Indonesia Wilayah Bali akan menggencarkan gerakan One Day No Cash untuk transaksi pembayaran di minimarket maupun supermarket di seluruh Bali dengan menggunakan e-money atau uang elektronik. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bank Indonesia Wilayah Bali Dewi Setyowati.

"Kami akan gencarkan one day no cash. Pelan-pelan akan disosialisasikan kepada masyarakat di hari-hari tertentu melakukan pembayaran tidak menggunakan uang, tetapi bisa transaksi dengan e-money," kata Dewi di Denpasar, Bali, Selasa (11/3/2015).

Dewi juga menyampaikan bahwa gerakan One Day No Cash akan dilakukan mulai awal April 2015 mendatang. Pihak supermarket yang akan menjadi uji coba pertama di wilayah Denpasar ialah Tiara Dewata dan Hardys. Dua supermarket ini memang cukup banyak dikunjungi masyarakat untuk berbelanja.

"Mudah-mudahan awal April ini kita akan lakukan. Sementara di Denpasar dulu untuk sosialisasi program ini. Nanti akan bisa diperluas, mudah-mudahan seluruh Bali bisa melakukan transaksi dengan e-money saat berbelanja," tambahnya.

Bahkan, Dewi berencana, penggunaan e-money ini akan menyasar kepada pedagang-pedagang apa pun di pasar atau di tempat penjualan buah atau hasil bumi lainnya. Dia berharap, ke depannya, masyarakat bisa terbiasa menggunakan e-money untuk bertransaksi sehari-hari dengan jumlah di bawah Rp 1 juta. Jika transaksi dalam jumlah besar, masyarakat bisa menggunakan sistem debet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com