Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kapolres Tak Berprestasi Diberi Bendera Tengkorak

Kompas.com - 10/03/2015, 13:00 WIB
PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Polda Kalimantan Barat, Brigjen Pol Arief Sulistyanto memberikan hadiah berupa bendera hitam segitiga 'berlambang tengkorak' kepada lima Kepala Polres dan Direktorat di wilayahnya, yang dinilai tak berkinerja optimal atau sesuai target.

Sementara, bagi Kapolres yang berprestasi diberikan bendera berlambang jempol. Penyerahan bendera tengkorak hitam tersebut dilakukan saat kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Kinerja Februari dan Perencanaan Kinerja Maret 2015 jajaran Polda Kalbar di Ruang Graha Polda Kalbar, Senin (9/3/2015) kemarin.

Acara Anev yang merupakan fungsi penilaian kinerja satuan kerja Polda Kalbar itu dihadiri seluruh Kapolres se-Kalbar dan jajaran perwira menengah Polda Kalbar. "Dalam Anev ini saya menekankan kembali agar semua jajaran Polda Kalbar kembali kepada hakikat polisi seutuhnya, yakni sebagai pelayan, pengayom, dan pelindung masyarakat," kata Kepala Polda Brigjen Pol Arief Sulistyanto.

Arief mengungkapkan, lima kapolres yang mendapatkan bendera bergambar tengkorak, yakni Polres Singkawang, Polres Mempawah, Polres Ketapang, Polres Sekadau, Polres Pontianak, Resta Pontianak Kota dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalbar.

"Polresta Pontianak mendapat bendera tengkorak, karena angka kejahatan dengan kekerasannya meningkat, Polres Ketapang karena ada penyimpangan oleh Kapolseknya yaitu Kapolsek Pawan, Polres Singkawang dan Polres Sekadau karena gangguan kamtibmasnya meningkat, serta Mempawah karena angka penyelesaian perkaranya menurun," kata dia.

Direktorat Reserse Narkotika juga mendapatkan bendera tengkorak hitam karena tidak pernah mengungkap kasus-kasus yang besar selama tahun 2015. "Padahal tingkat Polda, kalau hanya gram-graman (barang bukti yang diamankan) bukan prestasi yang besar," ungkap Arief.

Mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Mabes Polri itu menambahkan bendera tengkorak itu, bentuk lecutan bagi kinerja satuan kerja di wilayah Polda Kalbar. "Kami mengharapkan agar terjadi penurunan gangguan Kamtibmas, minimal 15 persen. Terutama kejahatan-kejahatan konvensional, yang seharusnya bisa ditekan sejak dini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com