Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menengok Tiga Gunung Api 'Siaga', dan Alam Indah Nan Subur di Sulut

Kompas.com - 09/03/2015, 15:28 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Badan Geologi menetapkan lima dari 127 gunung berapi di Indonesia dalam status siaga (level 3). Sebagaimana dikutip dari laman Badan Nasional Penanggulangan (BNPB), kelima gunung berapi itu adalah Gunung Gamalama, Gunung Sinabung, Gunung Soputan, Gunung Lokon dan Gunung Karengetang.

Menariknya, tiga gunung terakhir berada di wilayah provinsi Sulawesi Utara. Selain Soputan di Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan, Lokon di Tomohon dan Karangetang di Sitaro, Sulut masih punya beberapa gunung berapi lain yang tidak aktif atau statusnya normal.

Sebut saja Gunung Mahawu di Tomohon, Gunung Ruang di Sitaro, gunung Awu di Sangihe dan gunung berapi bawah laut Mahagetang di Perairan Nusa Utara. Keberadaan gunung api itu membuat daerah Sulawesi Utara kecuali wilayah Bolaang Mongondow rentan terhadap bencana yang diakibatkan oleh letusan gunung.

Sebab, di semua wilayah gunung berapi tersebut, bermukim warga dengan aktivitas pertanian dan perkebunan mereka, bahkan beberapa desa terletak sangat dekat dengan kawah. Namun di sisi lain, keberadaan gunung berapi tersebut membuat wilayah Sulut dikarunai alam yang indah serta unik, dan material vulkanik yang dimuntahkan gunung berapi menjadi penyubur lahan perkebunan.

"Kami harus akui bahwa Lokon dan Mahawu telah membuat lahan kebun kami menjadi subur," ujar Fredy, petani sayur-sayuran asal Kakaskasen, Tomohon, Senin (9/3/2015).

KOMPAS.COM/RONNY ADOLOF BUOL Kawah Gunung Api Mahawu di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, dengan latar Gunung Api Lokon di kejauhan.
Soputan masih terus erupsi
Hingga kini gunung Soputan yang status Siaganya ditetapkan sejak 26 Desember 2014 masih terus menunjukkan aktivitas vulkanis, sejak erupsi terakhir kali pada Sabtu (7/3/2015) pagi. "Tadi malam sampai dinihari kami masih bisa lihat dengan jelas kobaran api di puncak gunung dan lerengnya, sesekali juga terdengar suara gemuruh," kata Vence, warga Tombatu, Minahasa Tenggara (Mitra).

Kepala Pos Pemantau Soputan Sandi Monengkey menjelaskan dalam letusannya pada Sabtu lalu, Soputan menyemburkan material vulkanis setinggi 4500 meter, dan awan panas juga teramati meluncur sejauh 2500 meter. Walau demikian belum ada perintah pengungsian dari pemerintah setempat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra Yopi Mokodaser mengimbau agar warga tidak beraktivitas dalam radius 6,5 kilometer dari kawah. Pelarangan yang sama juga ditujukan bagi para pendaki, walau masih ada laporan aktivitas pendakian.

Berdasarkan pengamatan Kompas.com yang berkeliling di wilayah-wilayah terdampak bencana Soputan, warga tetap beraktivitas seperti biasanya dan belum terganggu dengan erupsi Soputan walau sempat terjadi hujan abu.

Warga menganggap aktivitas vulkanis Soputan sudah menjadi rutinitas bagi mereka, kecuali memang ada perintah mengungsi. "Sudah biasa gunung itu begitu, kami tidak kaget lagi kalau Soputan meletus. Gunung itu tidak akan meletus besar setiap saat, memang dulu pernah meletus besar, ya kalau sudah begitu harus mengungsi," ujar Oma Bertje, warga Tombatu, Mitra.


Don Kabo untuk Kompas.com Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, adalah salah satu gunung berapi teraktif di dunia saat ini. Tampak salah satu letusannya yang terjadi pada 2 Februari 2013.
Gunung  yang dianggap gunung adat
Kondisi yang sama juga diamini warga pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) yang bermukim di kaki Gunung Karangetang. Bagi mereka, melihat kobaran api di puncak Karangetang sudah menjadi sajian sehari-hari.

Beberapa pemukiman warga bahkan hanya berjarak ratusan meter dari kawah Karangetang. Warga pulau Siau bahkan khawatir jika Karangetang dalam waktu cukup lama tidak menunjukkan aktivitasnya. Sebab jika erupsi, material vulkanis yang tertimbun di kawahnya dapat mengakibatkan letusan besar yang membahayakan.

"Kalau gunung itu aktif terus kan materialnya tidak tertumpuk di atas, keluar sebagian-sebagian," kata Rano, warga Ulu, Sitaro.

Karangetang yang juga dijuluki "The Real Volcano" dengan ketinggian 1784 meter ini sering juga dianggap sebagai gunung adat bagi warga pulau Siau. Pasalnya, setiap kali Karangetang erupsi warga sering mengaitkan kejadian itu dengan pelanggaran adat oleh warga yang ada di pulau Siau.

"Warga percaya, Karangetang akan berhenti erupsi jika pelanggaran adat seperti perbuatan asusila sudah terungkap, dan memang itu sering terjadi," ungkap antropolog asal Sitaro, Dirno Kaghoo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com