Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pisowanan Agung Rakyat Jogja, Malioboro Ditutup 5 Jam

Kompas.com - 07/03/2015, 11:57 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan orang diperkirakan akan memadati kawasan Malioboro sampai dengan depan Pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk mengikuti acara Pisowanan Agung Rakyat Yogyakarta. Demi kelancaran acara, Jalan Malioboro hingga Alun-alun Utara mulai pukul 13.00 Wib akan ditutup total, hingga pukul 18.00 Wib.

Pisowanan Agung Rakyat Yogyakarta merupakan acara untuk mengemas peluncuran citizen branding "Jogja Istimewa" dan juga memperingati Jumenengan ke-26 Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi raja di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Launching logo Jogja Istimewa kita kemas dengan acara budaya, Pisowanan Agung Rakyat Yogyakarta bertajuk Rakyat Jogja Gumregah," ujar salah satu anggota tim 11 Herry Zudianto, Sabtu (7/3/2015). "Acaranya ada kirab budaya dari utara Jalan Malioboro sampai alun-alun Kraton," sambung Herry.

Puncak acara adalah Pidato Sri Sultan tentang sembilan arahan pembangunan Jogja renaisans. Sembilan arahan dari Raja sekaligus Gubernur DIY tentang Jogjakarta ke depan meliputi bidang pendidikan, pariwisata, teknologi, ekonomi, energi, pangan, kesehatan, keterlindungan warga, tata ruang dan lingkungan.

Sementara itu, Hasto, koordinator kirab Budaya, mengatakan, ada sekitar 3.500 peserta yang turut meramaikan karnaval. Mereka datang dari 66 komunitas yang ada di seluruh wilayah DIY. "Untuk kelancaran kirab budaya, dari pukul 13.00 Wib Jalan menuju arah Malioboro dan Keraton akan ditutup sampai pukul 18.00 Wib," ucap Hasto.

Sedangkan untuk acara puncak, setelah kirab akan dilaksanakan di Pergelaran Keraton. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com