Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang di Magelang Tumbangkan Puluhan Pohon, Ibu dan Anak Terluka

Kompas.com - 06/03/2015, 22:06 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Seorang ibu dan anak mengalami luka-luka akibat musibah angin kencang di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (6/3/2015) sore. Keduanya adalah Siti Sodikoh (28) dan putrinya Silma (3,5), warga Dusun Danurejo, Desa Jamus Kauman, Kecamatan Ngluwar.

Informasi yang dihimpun, musibah angin kencang yang disertai hujan deras terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Puluhan pohon tumbang hingga menimpa rumah, pondok pesantren, dan menutup akses jalan di beberapa titik.

Saat kejadian, Siti dan Silma sedang berada di dalam kamar Pondok Pesantren (Ponpes) Qiyamul Muhtadin di Dusun Danurejo. Namun naas, sebuah pohon besar tumbang hingga menimpa tembok dan atap Ponpes. Keduanya tidak mampu menghindar.

"Ibu Siti mengalami luka sobek di bagian kepala karena tertimpa puing bangunan Ponpes. Sedangkan putrinya, Silma, lebam di beberapa bagian kepala dan tubuhnya," kata Joko Sudibyo, Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Jumat petang.

Joko mengatakan, selain Ponpes, setidaknya tujuh rumah warga juga rusak akibat musibah itu. Rumah-rumah yang rusak tersebar di Kecamatan Muntilan (Desa Tamanagung, Desa Pucung, Desa Keji, dan Desa Gunungpring), Kecamatan Ngluwar (Desa Jamus Kauman), dan Kecamatan Salam (Desa Kricaan Mesir).

"Sebagian besar rumah rusak ringan pada bagian atap dan dinding ambrol akibat tertimpa pohon," ujar Joko.

Sejauh ini, lanjut Joko, petugas BPBD Magelang dengan dibantu tim SAR, relawan, dan warga sekitar telah melakukan pembersihan di tempat kejadian. Pepohonan yang menutup akses jalan telah disingkirkan sehingga pengendara bisa kembali melintas. BPBD telah mendistribusikan bantuan logistik serta bantuan perawatan kesehatan bagi korban luka-luka.

Menurut Kepala Desa Pucungrejo, Kecamatan Muntilan Muhammad Ma'ruf, angin kencang juga menyebabkan sebuah tiang listrik dan beberapa pohon besar tumbang hingga menutup akses jalan alternatif Muntilan, tepatnya di Jalan Klangon sekitar RS Padmalalita dan BMT Barokah Muntilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com